Deteksi COVID-19, Terminal Kalideres Akan Pakai Genose Mulai Senin

Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnain.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA – Layanan Genose COVID-19 akan segera diadakan di Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Itu guna memastikan hanya calon penumpang yang negatif COVID-19 yang bisa menggunakan bus untuk bepergian ke wilayah dan kawasan lain.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnain, mengatakan layanan pemeriksaan GeNose C19 atau alat deteksi cepat COVID-19 bagi calon penumpang bus untuk mencegah penyebaran virus corona.

Revi menjelaskan layanan pemeriksaan GeNose C19 tersebut baru akan diterapkan pekan depan pada Senin atau Selasa.

"Penggunaannya nanti dilakukan secara random atau acak kepada calon penumpang. Saat ini kami masih menyiapkan tempat, karena alat ini tidak bisa terkena polusi udara," ujar Revi dikonfirmasi, Minggu 18 April 2021.

Revi menjelaskan alat GeNose C19 yang dikembangkan Universitas Gadjah Mada tersebut berasal dari bantuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Revi mengatakan pihaknya masih menggunakan aplikasi JAKI kepada para calon penumpang yang menuju antarkota, antarprovinsi.

Aplikasi tersebut dapat diakses menggunakan smartphone berbasis android. Jika calon penumpang tidak memiliki smartphone, maka akan menggunakan smartphone milik petugas untuk mengakses aplikasi JAKI tersebut.

"Di JAKI ada tiga kategori kesehatan yaitu tinggi, sedang dan rendah. Yang boleh berangkat apabila penumpang dalam kondisi kesehatan dengan kategori tinggi dan sedang. Apabila berada pada kategori rendah, calon penumpang direkomendasikan mengecek kesehatannya ke dokter," ujarnya.

Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus di KPK

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus terkait kasus dugaan korupsi Alat Pelindung Diri (APD)

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024