70 Persen Pemudik Bakal Melintasi Bekasi, Aparat Siap Halau

Pemudik roda dua menyisir jalur Kalimalang hingga perbatasan Kabupaten Bekasi
Sumber :
  • VIVA/Dani

VIVA – Bekasi akan menjadi wilayah yang bakal dilintasi mayoritas pemudik tahun 2021 ini. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Bedanya, kini mereka dilarang mudik. Dipastikan 70 persen, lalu lalang pemudik bakal melintas di wilayah Bekasi dengan rute lintasan jalur Pantai Utara (Pantura). Diperkirakan jalur mudik itu banyak dilintasi kendaraan roda dua.

Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh

"Data pemudik setiap tahunnya hampir 70 persen dari Jakarta, Depok, Bogor, dan Tangerang melintasi jalur arteri kami," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Dadang Ginanjar, Sabtu 24 April 2021.

Usai pemerintah memutuskan untuk larangan mudik tahun 2021 ini, Dadang menegaskan pemerintah bersama kepolisian dan TNI akan melakukan penyekatan. Mereka akan diminta untuk putar balik sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pemudik Sudah Bisa Manfaatkan Mudikpedia

Baca juga: Ini Lokasi Penyekatan Jalur Mudik Lebaran di Depok

Makanya, kata dia, petugas akan diterjunkan selama 24 jam, untuk menindak adanya kemungkinan masyarakat yang nekat mudik menggunakan kendaraan taksi gelap maupun angkutan pengiriman logistik. 

Sempat Terendam Banjir, Polri Sebut Jalan Demak-Kudus Bisa Dilalui Pemudik

"Aturannya tetap akan disanksi," katanya.

Seperti yang diketahui, sebelum pandemi COVID-19 peningkatan arus mudik di Kota Bekasi tercatat lima hari menjelang lebaran. 

Biasanya pemudik dengan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur, melintas di jalur KH Noer Ali (Kalimalang) mulai dari perbatasan Jakarta di Sumber Artha, Kecamatan Bekasi Barat ke Jalan Kalimalang- Jalan Raya M Hasibuan – Jalan Raya Chairil Anwar kemudian masuk ke Kabupaten Bekasi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya