Nekat Konvoi, Ini Pengakuan 65 The Jakmania yang Diamankan

Konvoi Jakmania atas kemenangan Persija di Piala Menpora
Sumber :
  • VIVA / Willibodus (Jakarta)

VIVA – Sebanyak 65 orang suporter Persija Jakarta yang dikenal dengan The Jakmania sempat diamankan polisi buntut merayakan gelar juara tim kesayangannya dengan berkonvoi di bundaran Hotel Indonesia.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Mereka berkerumun padahal pandemi COVID-19 masih terjadi di Ibu Kota. Belum lagi Jakarta masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro. Pada polisi, mereka mengklaim tidak ada yang menggerakan alias datang atas kemauan sendiri.

"Mereka secara spontanitas dengan kemenangan Persija kemudian mereka berkumpul," ucap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus kepada wartawan, Senin 26 April 2021.

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

Puluhan The Jakmania yang kini telah dipulangkan tersebut menganggap kalau bundaran HI adalah ikon untuk merayakan kemenangan Persija. Setiap ada kemenangan, mereka akan berkumpul di sana guna merayakannya. Kebetulan, Persija Jakarta juara Piala Menpora usai mengalahkan Persib Bandung, Minggu 25 April 2021. Maka dari itu, mereka tumpah ke sana kemarin.

"Memang HI itu dijadikan ikon untuk mereka-mereka semua setiap kemenangan Persija mereka berkumpul di sana," katanya.

Restrukturisasi Kredit Berakhir, Bank Mandiri: Kondisi Debitur Terdampak COVID-19 Kembali Normal

Sebelumnya diberitakan, euforia kemenangan Persija dalam turnamen Piala Menpora 2021 pada Minggu malam tadi membuat para Jakmania atau pendukung tim sepak bola Ibu Kota itu tumpah ruah di jalanan. Para pendukung Persija ini berkonvoi memutari jalanan Jakarta sambil bernyanyi dan berteriak.

Sayangnya, perayaan kemenangan itu tampak tak mematuhi protokol kesehatan. Kebanyakan massa yang berkonvoi menggunakan kendaraan roda dua ini tampak tak memakai masker.

Pantauan VIVA, massa pendukung Persija itu sebelumnya berkumpul di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Menteng, Jakarta Pusat. Massa itu kemudian berkonvoi sepanjang jalan protokoler, yakni dari Jalan Thamrin-Sudirman hingga kawasan Monas atau Jalan Medan Merdeka.

Bukan cuma mengamankan pelanggar prokes, polisi juga mengamankan Jakmania yang membawa ganja pada Senin dini hari tadi.

"Ya bermacam-macam, ada juga (Jakmania) tadi yang kedapatan membawa ganja," kata Marsudianto.

Barang bukti ganja tersebut telah disiapkan dan akan digunakan saat konvoi dan berkumpul di Bundaran HI. Namun, Marsudianto tak menjelaskan secara terperinci terkait identitas pembawa ganja.

"Satu linting (ganja) saja tadi. Masih kami dalami, apakah sudah ada yang pakai atau belum?" ucapnya.

Jakmania ini ketahuan membawa ganja setelah pihaknya memergoki pelaku membuang satu linting, ketika akan diberhentikan. Akhirnya, oleh anggota yang melihat, Jakmania itu langsung ditangkap dan dibawa untuk diperiksa lebih lanjut.

"Itu ketika ditangkap dia buang. Pas mau dihentikan dia buang itu," tutur dia.

Selain ganja, polisi juga mengamankan anggota Jakmania lain karena melanggar lalu lintas yakni menggunakan knalpot bising. "Ada tadi salah satu di antara mereka, kemudian juga memang karena knalpotnya bising," tutup Marsudianto.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya