Polisi Buru Admin Medos yang Ajak Suporter Persija Konvoi

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus gelar konferensi pers.
Sumber :
  • VIVAnews/ Foe Peace Simbolon.

VIVA – Sejumlah akun media sosial, diduga mengajak suporter Persija Jakarta, The Jakmania, agar merayakan gelar juara tim kesayangannya dengan berkonvoi di bundaran Hotel Indonesia. Tim Ibu Kota di final Piala Menpora, berhasil mengalahkan Persib Bandung.

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru

Pengelola atau admin akun yang mengajak konvoi itu, kini tengah diburu polisi. Polda Metro Jaya sudah memprofiling beberapa akun medsos tersebut. 

Meski begitu, pihak Polda Metro belum mau merinci akun-akun medsos yang dimaksud. Pasalnya, hal tersebut dikhawatir bisa membuat mereka melarikan diri. 

Polisi Usut Dugaan Pelecehan Seksual yang Dilakukan Eks Ketua DPD PSI Jakbar

Baca juga: Satpol PP DKI: Kerumunan Perayaan Kemenangan Persija Hanya Spontanitas

"Di medsos lah (IG dan twitter), saya belum berani ngomong kalau mereka belum diamankan, nanti takutnya kabur. Kami memang sedang susuri akun-akun media sosial yang diduga mengajak (suporter Persija) sehingga timbulkan kerumunan. Ya teridentifikasi ada beberapa akun yang menjadi aktor dan menyuruh mengajak mereka. Masih kita dalami," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus kepada wartawan, Selasa 27 April 2021.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa

Dirinya hanya mengatakan, kalau ada beberapa akun yang dianggap harus bertanggung jawab. Sebagai buntut kerumunan yang ditimbulkan tersebut. Mereka diduga membuat status atau postingan yang mengajak berkumpul. 

Pemburuan dilakukan oleh tim virtual police Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Sejauh ini, empat saksi diperiksa guna memburu aktor yang mengajak konvoi hingga terjadi kerumunan.

"Apakah ada indikasi mereka mengajak massa yang lain. Ini ditangani teman-teman dari Krimsus Polda Metro Jaya. Mudah-mudahan dari sini bisa berkembang sampai kepada siapa yang menyuruh sebagai aktor, untuk mengumpulkan massa ke sana dengan mengundang melalui media sosial ini," katanya.

Sebelumnya diberitakan, euforia kemenangan Persija dalam turnamen Piala Menpora 2021 pada Minggu malam 25 April 2021, membuat para Jakmania tumpah ruah di jalanan Ibu Kota. Para pendukung Persija ini berkonvoi memutari jalanan Jakarta sambil bernyanyi dan berteriak.

Sayangnya, perayaan kemenangan itu tampak tak mematuhi protokol kesehatan. Kebanyakan massa yang berkonvoi menggunakan kendaraan roda dua ini tidak memakai masker.

Pantauan VIVA, massa pendukung Persija itu sebelumnya berkumpul di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Menteng, Jakarta Pusat. Massa itu kemudian berkonvoi sepanjang jalan protokoler, yakni dari Jalan Thamrin-Sudirman hingga kawasan Monas atau Jalan Medan Merdeka.

Bukan cuma mengamankan pelanggar prokes, polisi juga mengamankan Jakmania yang membawa ganja pada Senin dini hari.

Jakmania ini ketahuan membawa ganja setelah kepolisian memergoki pelaku membuang satu linting, ketika akan diberhentikan. Akhirnya, oleh anggota yang melihat, langsung ditangkap dan dibawa untuk diperiksa lebih lanjut.

Selain ganja, polisi juga mengamankan anggota Jakmania lain karena melanggar lalu lintas yakni menggunakan knalpot bising.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya