Permudah Lansia, Posko Vaksinasi Ada di Mal hingga Tempat Ibadah

Pelaksanaan vaksinasi warga lansia di Istora Senayan, Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA/Mentari Dwi Gayati

VIVA – Ratusan titik posko terpadu vaksinasi COVID-19 nasional kembali dibuka. Para pengusaha yang tergabung dalam Yayasan Global CEO Indonesia, bekerjasama dengan Polda Metro Jaya, Kementerian Kesehatan, Kodam Jaya, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ratusan titik posko terpadu  vaksinasi COVID-19 nasional ini tersebar di Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi) dan juga di luar Jadetabek. 

Ketua Umum Yayasan Global CEO Indonesia, Trisya Suherman menyebut jika kegiatan vaksinasi memiliki target 500 posko terpadu vaksinasi COVID-19 nasional.

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

Baca juga: Lagi-lagi Cipinang Melayu Direndam Banjir
 
“Nantinya ada 65 titik posko vaksinasi di Kampung Tangguh Jaya Polda Metro Jaya, 10 posko vaksinasi yang dilaksanakan di rumah ibadah (masjid, vihara, gereja), 275 posko anggota CEO Indonesia di Jabodetabek, 150 posko CEO yang berlokasi di luar Jabodetabek seperti Medan, Surabaya, Makassar, Bandung, Bali, Palembang, dan Pontianak,” katanya di Jakarta, Rabu 28 April 2021.

Posko didirikan di beberapa titik strategis seperti di kantor, mal, supermarket retail, hotel, dan sebagainya. Hal ini dilakukan, dengan harapan dapat lebih menjangkau para lansia dan pelayan publik untuk melaksanakan vaksinasi di tempat yang tidak jauh dari rumah mereka. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Periode pelaksanaan posko vaksinasi akan dilakukan selama dua bulan, yakni vaksinasi pertama dilaksanakan dari tanggal 28 April 2021 hingga 25 Mei 2021. Sedangkan untuk vaksinasi kedua dilaksanakan dari tanggal 26 Mei 2021 hingga 22 Juni 2021.

"Yayasan Global CEO Indonesia sangat berharap, para pelayan publik agar membawa orang tua mereka, atau lansia yang berada di lingkungan mereka untuk melaksanakan vaksinasi, mengingat data dari pemerintah jumlah lansia yang melakukan vaksinasi masih sangat sedikit. Kami juga akan mensosialisasikan apabila peserta lansia yang melakukan vaksin di posko terpadu ini akan diberikan bingkisan menarik juga kami sediakan transportasi untuk antar jemput,” jelasnya.

Untuk diketahui, kasus COVID-19 yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia mengalami peningkatan setiap harinya. Begitu juga angka kesembuhan dari terus meningkat.

Berdasarkan laporan dari Satuan Gugus Tugas Nasional COVID-19, Rabu, 28 April 2021, kasus terkonfirmasi COVID-19 ada penambahan sebanyak 5.241 orang. Jadi, total positif COVID-19 secara nasional mencapai 1.657.035 orang.

Kemudian ada penambahan sebanyak 4.818 orang yang sembuh. Total orang yang sembuh dari COVID-19 jumlahnya mencapai 1.511.417 orang. 

Sedangkan angka kematian bertambah 177 orang. Jadi, total orang yang wafat akibat COVID-19 sebanyak 45.116 orang. Untuk kasus aktif ada penambahan juga 246 kasus sehingga totalnya ada 100.502 kasus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya