Buat Jakmania Konvoi ke Bundaran HI, Tersangka Ngaku Cuma Iseng

Konvoi pendukung Persija.
Sumber :
  • VIVA/Willibrodus

VIVA - Polisi mengungkap alasan pria berinisial BR yang dalam postingan Facebooknya mengajak suporter Persija Jakarta yaitu The Jakmania merayakan kemenangan Persija dalam Piala Menpora 2021.

1.840 Aparat Amankan Malam Takbiran di Jadetabek, Konvoi Takbir Keliling Diputarbalik

Kepada polisi, tersangka yang ternyata bukan anggota Jakmania itu mengaku cuma iseng. Namun, polisi tidak mau begitu saja percaya akan pengakuan BR. Polisi masih mendalami lebih lanjut.

"Dia cuma iseng aja menyampaikan bahwa ayolah teman-teman karena memang menurut dia setiap Persija menang itu akan arah ke sana (Bundaran HI) sehingga dia mengingatkan teman-temannya," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, di Markas Polda Metro Jaya, Jumat, 30 April 2021.

Mabes Polri Perintahkan Seluruh Jajarannya di Daerah Larang Konvoi Takbir Keliling

BR mengklaim tidak ada niatan mengajak konvoi. Ia hanya mengajak Jakmania yang lain melalui medsos.

Tapi, dia sendiri tak hadir dalam konvoi itu. Dia tidak sadar kalau kelakuannya sampai menimbulkan kerumunan massa.

Mobil Terbakar Akibat Konvoi Remaja Nyalakan Petasan di Kembangan

"Dia bilang tidak niatan tapi yang terjadi adalah terjadi kerumunan karena memang udah kebiasan bagi dia sama teman-temannya yang lain kalau menang Persija itu kita kumpul di bundaran HI," kata dia.

Baca juga: Seorang Ditetapkan Tersangka, tapi Bukan Anggota Jakmania

Konvoi yang berakhir dengan kerumunan massa di Bundaran Hotel Indonesia itu, menuai banyak kritik. Karena suporter dianggap melakukan pelanggaran terhadap protokol kesehatan pandemi COVID-19.

Sebagai informasi, sebanyak 65 orang suporter Persija akhirnya ditangkap oleh Polda Metro Jaya ketika itu. Mereka langsung diperiksa untuk dicari tahu apakah ada yang menggerakkan.

Para suporter yang ditangkap tersebut juga langsung dites COVID-19 dan dinyatakan negatif. Meski begitu, kepolisian mengindikasikan bakal terus mendalami masalah ini agar tak terulang di masa depan ketika kompetisi telah dimulai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya