Pemudik Tak Terbendung, Penyekatan di Bekasi Terpaksa Meloloskan

Ribuan pemudik di perbatasan Bekasi-Karawang
Sumber :
  • VIVA/Dani

VIVA – Kepolisian kembali meloloskan pemudik di pos penyekatan Kedungwaringin, Bekasi, Jawa Barat pada Selasa, 11 Mei 2021. Menurut Kapolres Metro Bekasi Kabupaten Komisaris Besar Polisi Hendra Gunawan, hal yang dilakukan adalah diskresi Kepolisian guna mengurai kerumunan serta kemacetan di sana.

Biaya Hidup di Jakarta Makin Mahal, Pengamat: Pemudik Tidak Lagi Bawa Keluarga

"Bukan meloloskan jadi mengurai kerumunan atau kemacetan yang sudah banyak," kata Hendra kepada wartawan, Selasa 11 Mei 2021.

Dia melanjutkan, koordinasi telah dilakukan dengan petugas di pos penyekatan Karawang untuk memutar balik mereka. Sebagian diputar balik di sana dan ada yang di pos penyekatan Subang. Lalu ada juga di pos penyekatan Purwakarta dan seterusnya. Mengingat kata dia, antrean cukup panjang di sana mencapai 2 KM. Alhasil polisi mengambil langkah mencegah kerumunan di sana.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

"Jadi semuanya melakukan kegiatan pemutarbalikan. Jangan semua tertumpu di Kedungwaringin. Jadi karena Kedungwaringin cukup banyak sehingga terjadi kerumunan yang cukup lumayan sehingga dilakukan pembagian-pembagian pemutar balikan sesuai sekat-sekat yang sudah dilakukan oleh beberapa daerah. Mungkin kalau bahasanya mengurai arus lalu lintas supaya tidak terjadi kerumunan, karena kami tidak hanya penyekatan mudik saya tapi juga harus urai kerumunan supaya tidak jadi klaster (COVID-19)," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, pos penyekatan di Keduwaringin Kabupaten Bekasi tak bisa membendung ribuan pemudik. Alhasil pos penyekatan terpaksa dibuka petugas jaga, Minggu malam 9 Mei 2021. Hal yang sama juga terjadi pada hari ini. Ribuan kendaraan nekat keluar kabupaten Bekasi meski Pemerintah sudah menerapkan larangan mudik untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Jumlah Pemudik Lebaran 2024 Capai 193,6 juta, Airlangga: Ada Andil Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Para pemudik kesal lantaran pihak Kepolisian masih melakukan penyekatan. Upaya itu kemudian mendapat perlawanan dengan cara membunyikan klakson secara bersamaan.

Menhub Budi Karya Sumadi.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi menutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2024. 242 juta pemudik pun bergerak pada momen tersebut.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024