Masjid Istiqlal Tak Gelar Salat Idul Fitri, Ini Kata Anies

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi langkah pengelola Masjid Istiqlal Jakarta yang tak menggelar kegiatan salat Idul Fitri 1442 Hijriah.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

"Saya ingin sampaikan apresiasi kepada pengelola Masjid Istiqlal karena tidak mengadakan ibadah salat Idul Fitri terbuka untuk umum. Sehingga, ini menjadi contoh bagi yang lain, anjuran kami adalah untuk masyarakat salat di masjid di sekitar rumahnya," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 11 Mei 2021.

Anies menilai, jika Masjid Istiqlal tetap mengadakan ibadah salat, potensi jemaah yang mendatangi lokasi tersebut akan berasal dari tempat jauh karena tempatnya di daerah perkantoran dan fasilitas umum.

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

"Jadi, ketika Masjid Istiqlal sejalan dengan kebijakan Pemprov, kami sampaikan apresiasi dan berharap ini menjadi contoh, yakni contoh bagi masjid-masjid raya yang lain bahwa kita memprioritaskan warga yang salat Id di dekat rumahnya, di kampungnya maka jangan bepergian jauh," katanya.

Untuk itu, ia juga meminta kepada pengelola masjid raya juga diharapkan tidak secara khusus menyelenggarakan secara besar, yang berpotensi penularan wabah COVID-19.

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Sebelum itu, Anies mengimbau kepada masyarakat agar melaksanakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing saja. "Terkait dengan kegiatan Idul Fitri, salat Idul Fitri dianjurkan di rumah masing-masing," kata Anies.

Sedangkan bagi warga yang melaksanakan salat di luar rumah maka dianjurkan untuk melaksanakannya di tempat salat Id di masjid dan lapangan setempat sekitar rumah.  "Jangan pergi jauh, sekadar untuk melaksanakan salat Id supaya lokasi-lokasi kegiatan salat adalah lokasi yang dikunjungi orang setempat," katanya. 

Thomas Lembong atau Tom Lembong

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Thomas Trikasih Lembong, atau yang dikenal sebagai Tom Lembong, memilih tetap setia bersama Anies Baswedan. Walau, di Pilpres 2024, Anies dengan Muhaimin Iskandar, kalah.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024