Sekat Pemudik, Polresta Tangerang Putar Balik Ribuan Kendaraan

Penyekatan kendaraan di Jalan Raya Serang, Jayanti.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Polres Kota Tangerang menindak pemudik yang masih nekat menerobos jalur penyekatan di Jalan Raya Serang, Jayanti yang berbatasan dengan Kabupaten Serang, Banten. Penindakan itu dilakukan dengan memutarbalikkan arah para pengendara ke lokasi asal.

Biaya Hidup di Jakarta Makin Mahal, Pengamat: Pemudik Tidak Lagi Bawa Keluarga

Kapolres Kota Tangerang Komisaris Besar Polisi Wahyu Sri Bintoro mengatakan, pada Selasa, 11 Mei 2021 malam, atau H-2 menjadi puncak arus mudik. Atas kondisi tersebut, pihaknya pun mencatat sebanyak 6.775 pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua.

"Kemarin jadi puncak arus mudik yang didominasi oleh para pemotor. Alhasil, atas aturan larangan mudik yang sudah ditetapkan pemerintah, kita tindak dengan melakukan putar balik arah. Tercatat juga ada 6.775 kendaraan roda dua dan 3.960 kendaraan roda empat yang kita minta putar balik," katanya, Rabu, 12 Mei 2021.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

Dari hasil pendataan, seluruh pemudik yang nekat pulang ke kampung halaman itu, rata-rata memiliki tujuan ke Serang, Pandeglang hingga Lebak.

Lalu, pada penerapan aturan itu, kendaraan yang diputar balik merupakan kendaraan yang berpelat nomor selain A, dan memiliki alamat yang berada di luar daerah Tangerang, Banten. "Rata-rata kendaraan pemudik yang telah kami putar balik berpelat B," ujarnya.

Jumlah Pemudik Lebaran 2024 Capai 193,6 juta, Airlangga: Ada Andil Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Nanti malam pun, ia memprediksi masih ada masyarakat yang akan nekat melakukan pulang ke kampungnya. Penjagaan pun akan dilakukan lebih ketat. "Penjagaan kita tingkatkan, terutama di daerah perbatasan," ujarnya.
 

Menhub Budi Karya Sumadi.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi menutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2024. 242 juta pemudik pun bergerak pada momen tersebut.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024