Anies Apresiasi Masyarakat yang Tak Mudik: Ini Ikhtiar Kolektif

Gubernur DKI Anies Baswedan bersama Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Willibrodus

VIVA – Tiga Pilar DKI Jakarta yang terdiri dari TNI, Polri, dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengapresiasi masyarakat yang tidak mudik pada Ramadhan tahun ini, juga berterima kasih kepada masyarakat Jakarta yang tidak melakukan takbir keliling pada malam ini. 

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Hal itu dikemukakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, saat ditemui di kawasan Bundaran HI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 12 Mei 2021 malam.

Anies mengatakan, kepatuhan masyarakat terhadap imbauan pemerintah ini merupakan ikhtiar kolektif untuk bersama-sama mencegah penularan COVID-19.

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

"Saya sampaikan apresiasi kepada masyarakat yang memilih untuk tidak pergi (mudik), memilih untuk tetap di rumah dan memilih untuk takbir di rumah. Ini adalah sebuah ikhtiar kolektif yang menjadi tanggung jawab kita sama-sama, bukan semata-mata peraturan pemerintah. Tapi ini adalah untuk melindungi diri kita semua, keluarga kita, dan masyarakat," kata Anies, Rabu, 12 Mei 2021 malam.

Anies menambahkan, pihaknya juga meminta masyarakat untuk melaksanakan salat Id di rumah saja, Kamis, 13 Mei 2021. Apabila tidak memungkinkan untuk salat di rumah, masyarakat dipersilakan untuk melaksanakan salat Id di luar.

Menkopolhukam Minta Semua Pihak Hormati Langkah Kubu Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu ke MK

"Untuk masyarakat yang tidak memungkinkan untuk salat di rumah, baru boleh melakukan salat Id di luar. Itu pun kami garis bawahi, yakni di masjid atau lapangan di dekat rumah," ujarnya.

Anies melanjutkan, "Jangan mencari lokasi yang jauh, kerjakan di tempat yang dekat. Dengan begitu, kita bisa mencegah terjadinya penularan (COVID-19) yang lintas wilayah yang pasti akan menyulitkan dari sisi trapesium dan lain-lain."

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan besama Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran melakukan inspeksi keliling di beberapa titik di Jakarta. Setelah memantau situasi malam takbiran, Anies mengklaim bahwa situasi di Jakarta kondusif.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya