Siap-siap, Balik Mudik Tak Ada Swab Negatif Akan Isoman di Jakbar

Wisma Makara UI Jadi Tempat Isolasi Pasien COVID-19
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Antisipasi penyebaran COVID-19 dari arus balik warga yang mudik dan hendak pulang ke kawasan Jakarta Barat, Satgas COVID-19 Jakarta Barat yang terdiri dari Tiga Pilar akan melakukan sistem 3 T terhadap para pemudik tersebut.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombespol Ady Wibowo mengatakan, para pemudik yang akan kembali ke Jakarta akan dilakukan pemeriksaan secara 3 T, yakni dengan melakukan tes COVID-19 (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada warga yang terpapar COVID-19 (treatment).

Dalam hal ini Ady mengatakan pihaknya menjalankan program tersebut dengan mendatangi langsung rumah warga Jakarta Barat yang diketahui mudik ke luar daerah melalui para Bhabinkamtibmas maupun babinsa dan pihak RT setempat.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Untuk itu, Ady mengimbau bagi warga Jakarta barat yang mudik dan akan kembali ke Jakarta, harus dilengkapi surat hasil test swab.

"Diharapkan bagi warga yang akan kembali ke Jakarta agar melengkapi dirinya dengan membawa hasil test swab sebagai bukti dirinya bebas COVID-19," ujar Ady dikonfirmasi, Sabtu 15 Mei 2021.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Ady menjelaskan, bagi warga Jakarta yang kembali usai melakukan mudik dan tidak membawa surat hasil test Swab, warga tersebut akan di isolasi mandiri, di penampungan posko kampung tangguh di wilayah masing-masing warga.

Pada penyediaan fasilitas dan perlengkapan kesehatan yang di perlukan bagi para pemudik arus balik yang menjalani isolasi mandiri, Ady mengatakan pihak tiga pilar akan bekerja sama dengan puskesmas di berbagai kecamatan yang ada di Jakarta Barat.

"Kami akan bekerja sama baik dengan pihak puskesmas maupun urkes Polres metro Jakarta Barat untuk menyediakan swab antigen gratis kepada warga," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya