Polda Metro Tambah Pos Swab Antigen Pemudik Balik ke Jakarta, Total 14

Kombes Sambodo Purnomo Yugo dan Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus
Sumber :
  • VIVA/Vicky Fajri

VIVA – Polda Metro Jaya menambah dua pos pemeriksaan swab antigen terhadap pemudik yang hendak kembali ke Ibu Kota. Dengan penambahan itu, total ada 14 pos pemeriksaan swab antigen.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Jadi ada 14 titik," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus kepada wartawan, Selasa, 18 Mei 2021.

Dua pos tambahan itu berada di Terminal Tanjung Priok dan Kampung Rambutan. Pemeriksaan tes swab berlangsung hingga 24 Mei 2021. Pengendara akan dilakukan tes secara acak.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Kata dia, bila hasil tes penumpang kendaraan negatif maka akan diperkenankan untuk melintas dan diberi stiker khusus. Namun, jika hasilnya positif maka seluruh penumpang akan dirujuk ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet untuk menjalani swab PCR dan isolasi mandiri.

"Kami random tes, seperti apa random tesnya? Misalnya di satu mobil itu isinya 6, kita random dia 50 persen. Artinya tiga orang kami swab antigen. Kami sudah mulai melakukan satu inovasi-inovasi untuk meminimalisir bahkan mencegah terjadinya klaster mudik yang biasanya terjadi pada saat arus balik," katanya.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan 12 titik pos pemeriksaan surat bebas COVID-19 bagi pemudik yang hendak kembali ke Jakarta.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, petugas akan memeriksa kelengkapan surat bebas COVID-19, dan hasil antigen terhadap masyarakat yang memasuki Jakarta secara acak (random).

Apabila ada kendaraan yang tidak membawa surat keterangan bebas COVID-19, petugas akan mengarahkan kendaraan tersebut ke posko yang telah disediakan untuk menjalani tes usap antigen.

"Kalau ada yang reaktif maka yang bersangkutan kita akan periksa, kita bawa ke Wisma Atlet untuk dilanjutkan dengan PCR dan selama menunggu hasil PCR maka dia akan menjalani isolasi," katanya.

Adapun lokasi pos pemeriksaan surat bebas COVID-19, yakni:

1. Area parkir KM 34B Cibatu Tol Cikampek arah Jakarta.
2. Terminal Kalideres.
3. Terminal Pulogebang.
4. Kebon Nanas, Kota Tangerang.
5. Jatiuwung, Kota Tangerang.
6. Kantor Dishub Batuceper, Kota Tangerang.
7. Jalan Raya Rengas-Lemahabang, Kabupaten Bekasi.
8. Pos Sasak Jarang, Kota Bekasi.
9. Pos Tomyang, Kota Bekasi.
10. Jalan Raya Parung, Ciputat, Bojongsari, Depok.
11. Jalan Raya Bogor di SPBU Cilangkap.
12. Jalan Gatot Subroto, Bitung, Tangerang Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya