Kembali Dari Kampung, Pemudik di Cilincing Positif COVID-19

Swab Tes Pemudik yang Balik ke Jakarta
Sumber :
  • VIVA/ Andrew Tito

VIVA – Satu orang pemudik, yang baru kembali dari kampung halamannya, positif COVID-19 setelah dilakukan tes swab antigen di Posko Antigen Polsek Cilincing Jakarta Utara, Selasa 18 Mei 2021.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Pemudik yang positif tersebut kemudian harus menginap di Wisma Atlet Kemayoran, untuk jalani isolasi mandiri selama 14 hari.

Kapolsek Cilincing, Kompol Eko Setio BW menjelaskan, pemudik yang positif tersebut diketahui pulang kampungnya di Cirebon, Jawa Barat. Lalu kembali ke Jakarta tepatnya di Sukapura, pada Senin 17 Mei 2021.

Biaya Hidup di Jakarta Makin Mahal, Pengamat: Pemudik Tidak Lagi Bawa Keluarga

Baca juga: Video Viral Paduan Suara di Istiqlal, Begini Penjelasan Wagub DKI

Begitu tiba di rumahnya usai kembali dari kampung, langsung dijemput oleh petugas Bhabinkamtibmas untuk dilakukan swab antigen di Mapolsek Cilincing Jakarta Utara. Sebab bagi semua pemudik yang kembali, harus melalui tes swab. Hasil tes swab antigen, akhirnya diketahui bahwa pemudik tersebut positif COVID-19.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

"Hasil pemeriksaan swab test antigen yang bersangkutan dinyatakan positif COVID-19," ujar Eko dikonfirmasi, Selasa 18 Mei 2021.

Eko mengatakan, usia dinyatakan positif COVID-19, pemudik berusia 34 tahun itu langsung di bawa petugas berpakaian APD, menuju Puskesmas Cilincing. Untuk selanjutnya digiring ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran Jakarta Pusat, untuk dilakukan isolasi mandiri.

"Selanjutnya yang bersangkutan dibawa oleh petugas medis ke Puskesmas Kecamatan Cilincing, untuk dilakukan isolasi mandiri yang selanjutnya dirujuk ke Wisma Atlet Kemayoran," ujarnya.

Eko mengatakan, melalui Posko Tes Swab Antigen di Polsek Cilincing, telah melakukan tes tes terhadap 97 pemudik dari 5 kelurahan, yang telah kembali ke Jakarta.

"Kegiatan Swab antigen gratis masih berlangsung, hari ini kita sasar 2 kelurahan untuk cari pemudik yang kembali," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya