Polisi: 192 Pemudik Tiba di Jakarta Positif COVID-19

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus.
Sumber :
  • Kenny P/VIVA

VIVA – Polda Metro Jaya menyebut lebih dari 190 pemudik kembali ke Ibu Kota positif COVID-19. Hal ini diketahui lewat pemeriksaan swab antigen terhadap 40.916 orang sejak 16 Mei hingga 19 Mei 2021.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

“Ditemukan 192 yang reaktif atau positif dari warga Jakarta yang kemarin mudik,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Yusri Yunus, di Markas Polda Metro Jaya, Kamis 20 Mei 2021.

Kata dia, 99 orang di antaranya melakukan isolasi mandiri. Kemudian, sebanyak 52 orang diisolasi di Wisma Atlet, Jakarta pusat. Sedangkan sisanya dirujuk ke tempat lain karena berasal dari luar wilayah hukum Polda Metro Jaya.

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru

“Kita bayangkan saja dari 192, bagaimana bisa tembus tanpa ada penyekatan masuk ke rumahnya dan bisa bergaul di wilayah sekitar,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi DKI mencatat sudah ada ribuan kendaraan dan penumpang pemudik yang dilakukan pemeriksaan rapid tes antigen COVID-19 oleh petugas di lapangan. 

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

"Sejauh ini dari data yang ada sudah dilakukan pemeriksaan terhadap 5.955 kendaraan, ada 22.910 pemudik dan warga yang dites," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau lokasi penyekatan di Tol Cikampek Kilometer 34 arah Jakarta, Rabu, 19 Mei 2021. 

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia itu menyebutkan dari jumlah orang yang dites corona di atas tersebut ditemukan 148 orang yang positif atau reaktif.

"Mereka dirujuk ke Wisma Atlet ada 57. 17 lainnya ke rumah sakit lain dan ada 74 yang melakukan isolasi mandiri," katanya.

"Jadi walaupun angka prosentasenya kecil adalah 148 dari 22.910 tapi jika mereka tidak terdeteksi maka akan menjadi carrier yang bisa menularkan kepada masyarakat yang lain," tambahnya. 

Baca juga: Polri Catat Jumlah Pemudik Lebaran 2021 Lebih Banyak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya