Potret Warga Bogor Gelar Salat Gerhana Bulan dengan Protokol Kesehatan

Salat gerhana bulan digelar dengan menerapkan prokes di Masjid Masy'a, Bogor.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Muhammad AR (Bogor)

VIVA – Sejumlah masjid di berbagai perumahan di Kota Bogor ramai dipadati warga untuk mengikuti salat khusuf atau salat gerhana bulan 14 Syawal 1442 Hijriah, Rabu malam, 26 Mei 2021. Dalam pelaksanaan di tengah pandemi COVID-19 ini, Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) memberlakukan protokol kesehatan yang ketat, dari mulai memakai masker, menjaga jarak, hingga jemaah diminta membawa sajadah masing-masing. 

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

Salah satu masjid yang menggelar salat gerhana bulan yaitu Masjid Masy'a Perumahan Villa Mutiara Bogor. Jemaah yang datang untuk menunaikan salat diminta untuk membawa perlengkapan sajadah masing-masing. Warga juga diwajibkan mengunakan masker saat berada di area masjid. 

Salat khusuf dimulai usai jemaah melaksanakan salat Isya berjemaah. Dalam khotbahnya, khotib Dedy menyampaikan tertang peristiwa gerhana saat Ibrahim, putra nabi Muhammad SAW meninggal. 

Viral Muazin di Dubai Ubah Lafal Azan saat Badai, Apa Hukumnya?

"Seperti diriwayatkan dalam hadis, kemudian Rasulullah bersabda 'Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah'," katanya di atas mimbar. 

Dedy yang juga Ketua DKM Masy'a itu mengatakan, selain salat dan mendengarkan khotbah, umat Islam diajurkan berzikir, bertasbih kepada Allah dan memanjatkan doa.

Imam Masjid di Inggris Dilaporkan ke Polisi Gegara Izinkan Siswa Salat

"Kita memperkuat kebersamaan dan persatuan kita kukuhkan agar kita tetap mendekatkan diri kepada Allah Subhanawataala. Dan di tengah cobaan pandemi ini semoga kita dikuatkan. Kami juga mengimbau kepada jemaah agar mematuhi protokol kesehatan dengan membawa sajadah masing-masing, menjaga jarak, dan memakai masker untuk kesehatan bersama warga dan keluarga," katanya.

Imam salat khusuf, Ustaz Muhammad Mudhofi menyampaikan bahwa salat sunah salat gerhana bulan ini berbeda dengan salat sunah lainnya. Meski dikerjakan dua rakaat, namun pada ruku setiap rakaatnya dilakukan dua kali dengan bacaan alfatihah dua kali, dan surat panjang Alquran.

"Salat gerhana ini berbeda dengan salat sunah lainnya karena jarang terjadi. Sehingga sebelum salat jemaah diberitahu tata cara dan niatnya agar bisa mengikuti imam dengan baik. Salat ini dua kali ruku," ujarnya.

Selain di Villa Mutiara Bogor, salat khusuf juga digelar warga di Masjid Al Falaah Yasmin 6. Namun di sini salat khusuf dilakukan usai melaksanakan salat Magrib berjemaah. 


#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya