Polisi Bantah Ada Kerumunan saat Jokowi Tinjau Vaksinasi di Priok

Presiden Jokowi meninjau vaksinasi COVID-19 massal di Pelabuhan Tanjung Priok
Sumber :
  • Biro Setpres

VIVA – Petugas mengklaim berhasil mengurai warga yang antusias melihat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis 10 Juni 2021.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Sebelum kerumunan terjadi di sana, petugas mengaku telah melakukan penguraian warga. Jokowi diketahui datang guna memantau vaksinasi COVID-19 pekerja di Pelabuhan Tanjung Priok. Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, Ajun Komisaris Besar Polisi Putu Kholis memastikan tak sempat terjadi kerumunan massa di sana.

"Kalau tadi menurut saya masyarakat mendekat karena antusias disapa Pak Presiden, sehingga langkah kami mengimbau warga untuk jaga jarak. Kalau disebut berkerumun tidak sempat, karena area parkir cukup luas," ucapnya kepada wartawan, Kamis 10 Juni 2021.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Dirinya menjelaskan, sejak awal petugas kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok telah memberi imbauan jaga jarak kepada peserta vaksinasi. Tapi, memang jumlah peserta vaksinasi yang merupakan pekerja pelabuhan memang cukup banyak. Sehingga, lanjut dia, personel gabungan dari unsur, TNI, Polri, Pelni serta otoritas pelabuhan melakukan upaya untuk mengurai massa dan menerapkan jaga jarak.

Lebih lanjut Putu mengatakan, pihaknya juga telah menambah jumlah personel yang bertugas guna membantu pengamanan dan pengaturan para peserta vaksinasi COVID-19. 

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

"Terus mengurai dan menjaga agar masyarakat calon penerima vaksin tetap menggunakan masker dan menjaga jarak saat akan masuk ke Terminal Nusantarapura Pelni. Untuk saat ini masih kita lakukan upaya untuk mengurai warga dan menambah personel. Manakala tetap tidak dapat dikendalikan mana kami bubarkan untuk bisa mengantre di luar area Pelni," ujarnya. 

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo meninjau langsung kegiatan vaksinasi COVID-19 bagi pekerja pelabuhan. Presiden bersama rombongan, melihat situasi pelaksanaan vaksinasi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.
Untuk vaksinasi yang dilakukan hari ini sebanyak 1.500 pekerja hadir untuk menerima suntikan pertama Vaksin COVID-19.

"Pagi hari ini, kita vaksinasi kurang lebih 1.500 orang, baik itu pekerja pelabuhan, pekerja bongkar dan muat, kemudian para sopir dan kenek, juga pelayan-pelayan publik lainnya yang berada di Pelabuhan Tanjung Priok,” kata Jokowi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis, 10 Juni 2021.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya