Keterisian Tempat Tidur COVID-19 di Tangerang Capai 65 Persen

RSUD Kabupaten Tangerang, Banten
Sumber :
  • VIVA/ Sherly

VIVA – Meningkatnya kasus COVID-19 belakangan ini terutama di wilayah Jabodetabek, membuat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) di Kabupaten Tangerang, Banten ikut meningkat. Saat ini sudah berada diangka 65 persen.

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

Koordinator Pelayanan Kesehatan Hotel Singgah Karantina COVID-19 Kabupaten Tangerang, dr Muchlis mengatakan, kondisi tersebut terjadi di seluruh rumah sakit yang melayani pasien COVID-19.

"Ya, kalau BOR di RS yang menangani pasien COVID-19 sekarang mencapai 65 persen. Sementara ICU terisi sekitar 75 persen," katanya, Selasa, 15 Juni 2021.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Baca juga: Kasus COVID-19 DKI Tinggi, Anies Perpanjang PPKM Mikro hingga 28 Juni

Lanjut dia, dari angka tersebut, 40 persen diantaranya merupakan pasien yang memiliki identitas wilayah Jakarta, Bogor, hingga Depok.

Parto Patrio Dilarikan ke Rumah Sakit

"Berdasarkan data KTP, ada 40 persen warga di luar Kabupaten Tangerang, yang dirawat di fasilitas wilayah sini (Kabupaten Tangerang)," ujarnya.

Meski meningkat, pihaknya menyebutkan bila pasien COVID-19 masih tetap bisa dilayani di rumah sakit tersebut.

"Rumah sakit yang telah kita tunjuk untuk tangani pasien COVID-19 masih bisa melayani, meski keterisian di atas 50 persen. Namun, memang bila nantinya keterisian diangka 80 persen, maka akan dilakukan penambahan fasilitas, khususnya tempat tidur," jelasnya.

Diketahui, kasus terkonfirmasi COVID-19 di Kabupaten Tangerang sebanyak 11.305 kasus dengan angka kesembuhan 10.678 kasus dan meninggal dunia sebanyak 248 kasus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya