Warga Cikarang Kedapatan Tak Pakai Masker Disanksi Menyapu Jalanan

Warga Cikarang Bekasi yang kedapatan tidak pakai masker dihukum menyapu jalan
Sumber :
  • VIVA/Dani

VIVA – Belasan orang di wilayah Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat terkena sanksi sosial pada Sabtu 19 Juni 2021. Alhasil mereka diberikan sanksi menyapu jalanan umum.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Totalnya ada sekitar 12  warga yang kami berikan sanksi sosial ketika kedapatan tidak memakai masker," kata Kapolsek Cikarang Barat, AKP Tribuana Roseno pada Sabtu 19 Juni 2021.

Seno menjelaskan, operasi yustisi ini akan terus dilakukan selama penyebaran COVID-19 masih berlangsung. Para warga  yang dikenai sanksi ini kata dia harus rela menyapu jalanan di bawah pengawasan petugas.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Kalau untuk denda tidak untuk warga, tapi kami berikan sanksi sosial kepada mereka, seperti menyapu jalanan di lokasi yang sudah ditetapkan petugas," katanya.

Dia menambahkan, operasi menyasar ke tempat-tempat keramaian. Bahkan kata Seno operasi akan berlanjut ke tempat lokasi kuliner di Cikarang dan permainan anak.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

"Untuk keramaian seperti kuliner kita ke depankan cara bergerak humanis, edukasi dan penegakan hukum yang soft supaya keselamatan betul-betul bisa terjadi," ujar Seno.

Sementara itu, Danramil 05/ Cibitung Kapten Agung menambahkan, operasi yustisi yang digelar oleh TNI dan Polri serta Satpol PP untuk mengingatkan masyarakat bahwa pandemi COVID-19 belum berakhir.

"Jadi operasi yang kita lakukan adalah menyadarkan," ujar dia.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya