Tes Acak di Stasiun Bogor, Seorang Penumpang KRL Positif COVID-19

Ratusan calon penumpang KRL Commuter Line mengantre menuju pintu masuk Stasiun Bogor di Jawa Barat, Senin (8/6/2020).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

VIVA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter melaksanakan tes swab antigen secara acak terhadap 50 orang pengguna jasa kereta rel listrik (KRL) di Stasiun Bogor, dan seorang di antaranya hasilnya positif COVID-19 sehingga dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan Kota Bogor, untuk menjalani tes lanjutan, yakni tes swab PCR.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"PT KAI Commuter melaksanakan tes swab antigen di enam stasiun yakni di Stasiun Bogor, Tangerang, Bekasi, Cikarang, Manggarai, dan Tanah Abang," kata VP Corporate Secretari PT KAI Commuter Anne Purba, di Stasiun Bogor, Senin, 21 Juni 2021.

Pelaksanaan tes swab antigen ini untuk memastikan masyarakat pengguna jasa KRL Commuter Line bebas dari COVID-19. "Kami semula menyiapkan 150 sampel tes swab antigen di enam stasiun terebut," katanya.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Anne melihat, mobilitas warga di Stasiun Bogor sangat tinggi, apalagi ditemukan salah satu pengguna jasa KRL hasilnya positif, sehingga di Stasiun Bogor sampelnya ditambah menjadi 50 sampel.

"Pengguna jasa KRL yang hasilnya positif adalah pegawai yang bekerja di Jakarta. Karena, hasil tes swab-nya positif, pegawai dirujuk ke puskesmas terdekat untuk menjalani tes swab PCR," katanya.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Dengan adanya tambahan sampel di Stasiun Bogor menjadi 50 sampel, PT KAI menambah sampel tes swab antigen menjadi 200 sampel untuk digunakan di enam stasiun.

Pelaksanaan tes swab antigen di empat stasiun dilaksanakan pada pagi hari mulai pukul 08:00 WIB, yakni Stasiun Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Cikarang, serta di dua stasiun pada sore hari yakni Manggarai dan Tanah Abang.

Menurut Anne, pelaksana tes swab antigen ini adalah PT KAI Commuter, sedangkan tenaga kesehatan yang melaksanakan tes swab dari klinik di seluruh stasiun Commuter di Jakarta, Bogor, Depok,Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya