Survei: 57,99 Persen Warga Puas Kinerja Anies-Ariza

Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Riza Patria.
Sumber :
  • Pemprov DKI

VIVA – Lembaga Survei Indomatrik merilis hasil survei terkait kekinian Jakarta, yakni 'Persepsi & Perilaku Publik Terhadap Kinerja dan Kepuasan Pada Gubernur/Wakil Gubernur DKI DKI Jakarta 2021'. 

Simulasi 3 Nama Pilgub Jatim Versi ARCI: Khofifah Unggul, Dibayangi Cak Imin dan Risma

Bertepatan HUT Kota Jakarta ke-494 di 2021 ini, masyarakat Jakarta menyampaikan pesan kepuasannya pada kinerja gubernur dan wakil gubernur.

Direktur Eksekutif Indomatrik, Husin Yazid mengatakan, penilaian publik terhadap kepemimpinan sosok Gubernur DKI Anies Baswedan setelah memasuki 3,5 tahun mengatakan, puas sebesar 57,99 persen.

Survei Kandidat Potensial Pilkada Solo Mengerucut pada Tiga Nama, Kaesang Nomor 3

"Rincian distribusi persepsi yang mengatakan sangat memuaskan 3,54 persen dan memuaskan 54,45 persen," kata Yazid dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Selasa, 22 Juni 2021. 

Namun, kata dia, masih ditemukan juga beberapa pandangan masyarakat, seperti publik yang berpendapat tidak memuaskan sekitar 28,54 persen dan sangat tidak memuaskan 2,65 persen.

LSI: Gugatan di MK Bertentangan dengan Logika Publik yang Menerima Hasil Pilpres

“Selanjutnya, masih terdapat yang menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab 10,82 persen,”  ujarnya. 

Kemudian, penilaian masyarakat terhadap berbagai pola pembangunan yang telah dan sedang dijalankan rata-rata mendapat penilaian di atas 65 persen.

Survei Indomatrik juga merekam bahwa mayoritas publik di Jakarta menilai kinerja 3,5 tahun Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies-Ariza, sebanyak 67,35 persen meyakini di sisa masa jabatannya sekitar 1,5 tahun ke depan mampu membuat Kota Jakarta menjadi lebih baik. 

“Masih terdapat masyarakat Jakarta yang mengatakan masih tidak yakin sekitar 23,35 persen dan yang berpendapat dengan tidak tahu atau tidak menjawab sekitar 9,20 persen,” katanya. 

Survei dengan metode simple random sampling, responden terdistribusi secara acak di seluruh Jakarta. Yaitu, responden telah berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah, sebagai pemilih ketika survei dilakukan.

Responden tersebut diambil secara proporsional pada tingkat kecamatan, lalu secara acak di level kelurahan/RW/RT. Survei digelar pada 9-15 Juni 2021, margin of error sekitar 4,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Jumlah sampel responden yang diwawancara sebanyak 440 responden warga DKI Jakarta. Tersebar secara proporsional di 44 kecamatan, 88 kelurahan yang tersebar di wilayah Jakarta. 

Baca juga: Anies Janji Jakarta Akan Lebih Baik Pasca-Pandemi COVID-19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya