Wagub: Sebaik Apapun Faskes Tak Ada Guna Jika Warga Tak Patuh Prokes

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyebutkan, bahwa sebaik apapun fasilitas kesehatan (faskes) yang telah disediakan untuk para pasien COVID-19 itu dianggap tidak artinya.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Sebab, jika masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan (prokes) COVID-19 3M: mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak sama saja itu tidak artinya.

"Semuanya yang kita siapkan dengan baik dan cepat itu tidak ada artinya kalau masyarakat tidak disiplin tidak ada gunanya kalau masyarakat tidak melakukan protokol kesehatan," kata Ahmad Riza Patria di Jakarta, Selasa, 29 Juni 2021.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Jadi, ia menjelaskan, kunci utama adalah disiplin pada masyarakat terapkan protokol kesehatan dan tetap di rumah. Kalau itu dilakukan tidak perlu lagi ada penambahan fasilitas oleh pemerintah karena angkanya akan turun. Angka COVID-19 naik, katanya karena masyarakatnya tidak disiplin.

"Tapi sekali lagi seperti yang sudah sering kami sampaikan bahwa kita harus menghadang di hulu, jangan sampai ke hilir," ujarnya.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Menurut dia, bahwa menghadang di hulu yaitu masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan berdiam diri di rumah mengurangi mobilitas di luar rumah.

"Kecuali yang sangat-sangat penting sekali. Kemudian kedua laksanakan prokes secara disiplin dan ketat, menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak, hindari kerumunan, kurangi mobilitas. Itu yang kita lakukan sehari-hari apalagi sekarang ada varian baru yang sudah sangat cepat menular dan berbahaya," katanya.

Baca juga: Jakarta Terapkan PPKM Darurat, Wagub Riza: Tunggu Saja Pengumumannya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya