Sehari Kubur 70 Orang, Petugas TPU Tegal Alur Berpacu dengan Ambulans

TPU Tegal Alur penuh tampung jenazah
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA – Melonjaknya angka kematian akibat COVID-19 membuat pemerintah memberlakukan PPKM Darurat Jawa-Bali. Pemakaman kini menjadi aktivitas yang setiap hari terjadi dengan intensitas yang amat tinggi.

Sederet Artis Tanah Air yang Sudah Persiapkan Kematiannya Jauh Hari, Beli Kafan hingga Batu Nisan

Diketahui di TPU Tegal Alur Kalideres Jakarta Barat, jumlah jenazah penderita COVID-19 pernah mencapai 70 dalam sehari pada masa PPKM Darurat.

Hamid (54) salah satu petugas penggali makam jenazah COVID-19 di Tegal Alur Jakarta Barat mengatakan satu hari pemakaman jenazah dengan protokol COVID-19 di Tegal sudah mencapai 60-70 jenazah.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

“Kemarin Senin pas awal PPKM itu, 66 jenazah dimakamkan di sini ( Tegal Alur)” ujar Hamid pada Kamis 8 Juli 2021.

Hamid mengatakan tugasnya dan rekannnya sesama penggali makam akhirnya diringankan dengan adanya bantuan alat berat untuk menggali makam. 

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga

Namun walau menggali makam dengan bantuan alat berat, Hamid menjelaskan pekerjaan penggali makam di saat PPKM tetap amat melelahkan  lantaran dalam satu hari lebih dari 50 jenazah COVID yang harus dimakamkan.

Hamid pun menjelaskan dirinya dan rekan-rekannya harus berpacu dengan waktu dengan ambulans yang datang yang datang membawa jenazah-jenazah untuk dimakamkan.

“Lelah kita kerja dari pagi hingga larut malam. Hanya untuk memakamkan jenazah yang COVID-19, walau sekarang ada ekskavator ya tetap aja banyak harus dimakamkan” ujarnya.

Hamid berharap pandemi yang makan banyak korban jiwa ini bisa segera berakhir.

“Setiap hari puluhan orang COVID dimakan di sini dan saya yang makamkan itu lelah dan sedih melihat orang-orang banyak yang meninggal. Semoga COVID ini segera berakhir,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya