Anies Kenang KH Luthfi Fathullah Ulama yang Enerjik dan Pakar Hadist

Ketua Baznaz DKI KH Ahmad Luhtfi Fathulllah (podium) bersama Anies
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenang sosok KH Ahmad Luthfi Fathullah, ulama Ahli Hadist asal Betawi, yang juga menjabat Ketua Badan Amil Zakat Provinsi DKI Jakarta.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

KH. Luthfi bin Fathullah meninggal dunia di RSUD Pasar Minggu Jakarta Selatan pada Minggu petang, 11 Juli 2021, sekira pukul 18.22 WIB, setelah beberapa waktu dirawat karena COVID-19.

Anies pun berbagi kabar duka wafatnya ulama Betawi itu di akun Instagramnya.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Maghrib tadi, tepatnya pukul 18.22, pribadi mulia ini telah Allah panggil pulang. KH. Luthfi Fathullah berpulang ke Rahmatullah," ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan melalui akun Instagramnya @aniesbaswedan di Jakarta, Senin, 12 Juli 2021.

Anies menjabarkan, bahwa KH. Luthfi itu merupakan cucu dari seorang ulama Betawi KH. Abdul Mughni yang sangat terkenal. Bahkan, nama ulama itu diabadikan nama masjid yang berasa Jakarta.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Pernah lihat masjid megah di Jalan Gatot Subroto, dekat jalan tembus ke Mega Kuningan? Namanya Masjid Baitul Mughni. Masjid itu awalnya didirikan oleh Guru Mughni, lengkapnya KH. Abdul Mughni, salah satu ulama paling terkenal di masanya. Sebuah tempat yg sangat tersohor, legendaris di tanah Betawi ini," katanya.

Dari keturunan kakek seorang ulama, maka keturunannya pun lahir seorang ulama pula. Kata Anies, bahwa KH. Luthfi ini meruapakan seorang ulama, ahli hadits dan juga seorang penceramah yang luas wawasan keagamaannya.

"Cucu Guru Mughni, yaitu KH. Luthfi bin Fathullah bin Abdul Mughni adalah ahli hadits yang wawasannya amat luas, pengetahuannya amat dalam dan sangat melek iptek," ujarnya.

Tak hanya itu, menurutnya, KH. Luthfi juga inovatif, bahkan yang bersangkutan membuat berbagai macam aplikasi penunjang belajar agama dan untuk kegiatan ibadah. KH. Luthfi adalah juga Direktur Pusat Kajian Hadits Jakarta.

"Seorang ustadz, mubaligh yang sangat alim, sangat energik dan dinamis," katanya.  

Menurut dia, sejak 2019, KH. Luthfi memegang amanah sebagai Ketua Basnas-Bazis DKI Jakarta, yang dalam kepemimpinannya amat banyak membuat terobosan, dan menggelarluaskan manfaat yang luar biasa pada kaum dhuafa dan anak-anak yatim di Jakarta.  

Bahkan, selama pandemi beliau luar biasa aktif membantu meringankan beban begitu banyak orang.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya