Jalan Tol Layang MBZ Ditutup Sementara

Penutupan jalan tol MBZ.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

VIVA – Jalan Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) mulai ditutup hari ini, Jumat 16 Juli 2021 pukul 00.00 WIB, hingga 22 Juli 2021 pukul 24.00 WIB mendatang. Jalan layang tersebut rencananya akan kembali beroperasi normal pada 23 Juli 2021 pukul 00.01 WIB.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Penutupan tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, terhadap kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat selama libur Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah.

Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) George I M P Manurung menyatakan, penutupan itu sesuai dengan Surat Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: BM.07.02-P/595 tanggal 15 Juli 2021. Dan, Surat Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor: B/211/VII/OPS.1.1/2021/Korlantas tanggal 14 Juli 2021 perihal Permohonan Penutupan Jalan Tol Layang Elevated.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

“Kami menutup seluruh akses masuk dan keluar, baik untuk yang ke arah Cikampek maupun ke arah Jakarta," ujar George dikutip dari keterangannya, Jumat.

Baca juga: Indonesia Resmi Punya Jalan Tol Udara

Viral Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung, Sopir Pontang-Panting Mengejar

Da mengatakan, penutupan Jalan Layang MBZ dilakukan untuk mendukung PPKM Darurat dalam rangka pencegahan penyebaran penularan COVID-19. Diharapkan penutupan Jalan Layang ini dapat mengendalikan laju mobilitas masyarakat ke luar masuk Jabodetabek selama libur Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah.

"Kepada pelaku perjalanan di sektor esensial dan kritikal kategori dikecualikan dalam masa PPKM Darurat ini kami imbau untuk dapat menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah untuk dapat melanjutkan perjalanan dari dan atau menuju Cikampek”, tambah George.

Lebih lanjut menurutnya, untuk memastikan masyarakat menerima informasi ini, PT JJC selaku Badan Usaha Jalan Tol yang mengoperasikan Jalan Layang MBZ melakukan berbagai sosialisasi. Jasa Marga pun menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan akibat pemberlakuan penutupan tersebut. 

Bagi masyarakat pengguna jalan itu, agar turut mendukung PPKM Darurat ini dengan tetap di rumah saja, mematuhi protokol kesehatan. Berikut ini akses masuk kendaraan ke Jalan Layang MBZ yang ditutup:

- Akses masuk kendaraan dari arah Cawang menuju Cikampek
- Akses masuk kendaraan dari arah Jatiasih menuju Cikampek (Km 45A Jalan Tol JORR Seksi E)
- Akses masuk kendaraan dari arah Rorotan menuju Cikampek (Km 46B Jalan Tol JORR Seksi E)
- Akses masuk kendaraan dari Km 48B Jalan Tol Jakarta-Cikampek Bawah menuju Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya