Beverly Hills Jababeka Dimodifikasi Jadi Isolasi Terpusat Pekerja

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan (tiga dari kiri) didampingi Kepala Polres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan meresmikan kompleks perumahan Beverly Hills Jababeka Cikarang sebagai tempat isolasi mandiri terpusat pekerja, Rabu, 28 Juli 2021.
Sumber :
  • ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

VIVA – Pemerintah Kabupaten bersama Polres Metro Bekasi memodifikasi kompleks perumahan mewah Beverly Hills Jababeka di Desa Mekar Mukti, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, sebagai tempat isolasi terpusat bagi pekerja industri yang terpapar COVID-19 kategori gejala ringan.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Tempat isolasi terpusat ini diperuntukkan bagi pekerja atau buruh, keluarganya, hingga warga di sekitar perusahaaan berdiri," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan usai meresmikan tempat isolasi, Rabu, 28 Juli 2021.

Ia  mengatakan tempat isolasi terpusat pekerja dibentuk oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) sebagai bagian dari penyaluran dana sosial perusahaan atau corporate social responsibility atas kerja sama Forkompimda Kabupaten Bekasi.

Intip Sederet Ketentuan Barang Kiriman Pekerja Mingran, Tak Lagi Diatur Permendag

Bupati menyatakan penyediaan tempat isolasi terpusat pekerja ini berawal dari rapat koordinasi pemerintah daerah bersama beberapa perwakilan perusahaan beberapa hari lalu.

Dalam rapat itu, kata dia, Apindo menyatakan kesanggupannya untuk menyediakan tempat isolasi bagi para pekerja pabrik yang terpapar COVID-19.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Pemkab Bekasi berharap isolasi terpusat ini dapat mendukung percepatan penanganan pandemi COVID-19 di daerah itu, khususnya yang berasal dari klaster industri.

Ia  juga menyebut operasional pembiayaan tempat isolasi terpusat pekerja ini dialokasikan dari patungan dana tanggung jawab sosial sejumlah perusahaan di bawah naungan Apindo Kabupaten Bekasi.

Wakil Ketua Satgas COVID-19 Kabupaten Bekasi Komisaris Besar Hendra Gunawan menyebut 60 persen lebih kasus aktif COVID-19 di daerahnya disumbang dari klaster industri.

Karena itu, keberadaan tempat tersebut, yang juga termasuk tenaga kesehatan, diharapkan mampu menurunkan tingkat kematian serta kasus aktif yang kini berangsur turun hingga 30 persen.

Isolasi terpusat pekerja itu, kata Hendra yang juga Kepala Polres Metro Bekasi, berkapasitas total 660 ruangan dan diperuntukkan bagi pekerja terpapar COVID-19 serta tenaga kesehatan.

Ia mengatakan rumah isolasi terpusat akan diawasi dan dipantau tenaga kesehatan selama 24 jam agar kondisi kesehatan penghuninya dapat terjaga dengan baik sehingga diharapkan mampu mencegah kematian akibat menjalani isolasi mandiri.

"Kami bersinergi dengan semua pemangku kepentingan, terutama Apindo yang akhirnya terwujud tempat isolasi terpusat ini. Semuanya akan terintegrasi, tidak perlu menunggu waktu lama bagi pekerja yang terpapar," katanya.

Menurut dia, lebih dari 60 persen kasus COVID-19 di Kabupaten Bekasi didominasi oleh karyawan atau pekerja, sehingga tempat isolasi terpusat itu diperuntukan bagi karyawan yang bekerja di seluruh Kawasan Industri di Kabupaten Bekasi. 

Para pengusaha memiliki andil besar agar dapat memutus rantai penyebaran.

Karena itu, pihaknya bersinergi dengan semua pemangku kepentingan, terutama Apindo yang akhirnya terwujud tempat isolasi terpusat ini, kata Hendra. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya