Upaya Polisi Pesisir Jakarta Percepat Target 70 Persen Vaksinasi

Pelaksnaan vaksinasi merdeka
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Polres Pelabuhan Tanjung Priok menggelar kegiatan Gerakan Vaksinasi Merdeka dalam rangka sebagai upaya penanganan dan pengendalian pandemi COVID-19. Kegiatan ini upaya untuk mempercepat target 70 persen vaksinasi di Indonesia pada saat Hari Kemerdekaan RI.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis mengungkapkan, di hari pertama pelaksanaan kegiatan itu tercatat sudah ada 642 warga setempat yang disuntik vaksin. 

"Pendaftar ada 705 orang, dengan rincian di vaksin, 642 orang, lalu yang gagal vaksin ada 63 orang dengan alasan kendala kesehatan," kata Putu kepada wartawan, Jakarta, Minggu, 1 Agustus 2021.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Kegiatan Gerakan Vaksinasi Merdeka tersebut diantaranya dilaksanakan di SDN 03 Muara Angke, rumah susun Budha Tzu Chi, Kantor RW 11 Muara Angke, dan Kantor RW 022 Muara Angke. 

Selain vaksinasi, Polres Pelabuhan juga menyalurkan bantuan sosial (bansos) PPKM Level 4 kepada 642 warga. Tujuannya untuk meringankan beban masyarakat di tengah Pandemi COVID-19. 

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

"Kami juga menyalurkan bansos untuk warga yang paling terdampak perekonomiannya akibat Pandemi virus corona. Semoga ini bisa membantu saudara kami semua," ujar Putu Kholis. 

Diketahui, Gerakan Vaksinasi Merdeka akan diselenggarakan di 668 titik Gerai Vaksinasi yang tersebar di 900 RW, yang berada di Jakarta dengan melibatkan 4.500 relawan yang terdiri dari 1.800 orang tenaga medis dokter pelaksana screening dan vaksinator dan 2.700 orang non tenaga medis observator dan input administrasi. 

Target yang akan dicapai yaitu 200 suntikan per-RW per-hari mulai dari 1 Agustus, sehingga dapat mencapai 3.060.000 suntikan pada saat hari Kemerdekaan RI ke-76 tanggal 17 Agustus nanti.

Baca juga: Kapolri Luncurkan Gerakan Vaksinasi Merdeka Demi Capai Herd Immunity

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya