Polisi: Selama PPKM Darurat dan Level 4 Mobilitas Warga Turun

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

VIVA - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo, mengklaim selama penerapan PPKM darurat dan PPKM level 4 di Jakarta, mobilitas warga dapat ditekan. Hal ini, kata dia, diketahui berdasarkan Google mobillity.

Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Alat Bantu untuk Tingkatkan Mobilitas

Penurunan angka mobilitas banyak terjadi pada tempat umum seperti taman, sarana transportasi, dan tempat olahraga. Penurunan disebabkan akses ke tempat tersebut terbatas bahkan ada yang ditutup.

"Di taman-taman umum terjadi penurunan sampai minus 53 persen dan minus 43 persen di tempat kerja dan di tempat retail turun 37 persen. Yang ada kenaikan kenaikan itu ada di pemukiman perumahan yang memang ada kenaikan. Selebihnya itu ada penurunan mobilitas," kata dia di Markas Polda Metro Jaya, Selasa, 3 Agustus 2021.

MRT Jakarta Pecahkan Rekor Baru 163 Ribu Lebih Penumpang saat Konser Coldplay

Selain Google mobility, Sambodo mengklaim hal serupa ditunjukkan berdasar data dari Facebook mobillity. Walau tidak merinci angkanya secara pasti, Sambodo menyebut penurunan mobilitas di Ibu Kota melebihi angka nasional.

"Ini kalau kami mengacu ke Facebook mobility sampai 30 Juli terlihat bahkan penurunan mobilitas di DKI jakarta itu melebihi penurunan di level nasional. Di tempat kerja selisihnya hampir 7 persen," katanya.

Surabaya Masuk 10 Besar Kota Kualitas Udara Terbersih di RI, Nomor 1 Kota di Luar Jawa

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang Hingga 9 Agustus, Ini Pesan Anies

Sementara itu, berdasar pantauan di Gerbang Tol dan ETLE menunjukkan angka volume lalu lintas berdasarkan tiga gerbang tol yang jadi pintu masuk ke Jakarta yaitu Gerbang Tol Halim, Gerbang Tol Cililitan, dan Gerbang Tol Tomang, volume lalu lintasnya fluktuatif selama penerapan PPKM Darurat maupun PPKM Level 4. Namun, semua angka itu berada di bawah saat lalu lintas normal.

Taksi terbang EHang 216 di PEVS 2022.

Gandeng Kemenhub, OIKN Survei Lokasi Uji Coba Taksi Terbang di 2 Bandara Kaltim

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), menggelar survei lokasi proof of concept (PoC) mobilitas udara perkotaan (urban air mobility).

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2024