Anies: Surjadi Soedirdja Pencipta Jalan Satu Arah di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA / Vicky Fazri (Jakarta)

VIVA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalam kepada pihak keluarga Surjadi Soedirdja. Tito menyampaikan langsung ke rumah duka  di Jalan MPR 2 nomor 8 A Gaharu, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Selasa, 3 Agustus 2021.

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

“Saya atas nama Kemendagri dan keluarga secara pribadi turut berduka sedalam-dalamnya dan semoga beliau husnul hotimah,” kata Tito kepada wartawan di lokasi.

Mantan Kapolri itu mengungkapkan sosok Surjadi Soedirdja yang merupakan mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada saat pemerintahan tidak lah mudah.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

“Beliau banyak meletakkan dasar-dasar untuk perbaikan di kemendagri,” ungkap Tito.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan Almarhum Surjadi Soedirdja yang merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta yang sampai saat ini di rasakan jasanya yakni jalan-jalan satu arah di Jakarta yang dibuat di masa kepimpinan almarhum.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

“Beliau, salah satu terobosan yang masih kita rasakan sampai sekarang adalah banyaknya jalan-jalan satu arah dimulai ketika masa kepemimpinan beliau,” kata Anies.

“Almarhum dikenal juga selalu silaturahmi dengan tokoh-tokoh, dan selalu terjaga dan, banyak menyapa masyarakat,” kata dia lagi

Sebelumnya diberitakan, Mantan Gubernur DKI Jakarta Surjadi Soedirdja meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Mayapada pada Selasa, 3 Agustus 2021.

Rachman Muchtar (60) selaku dari pihak keluarga membenarkan kabar meninggalnya mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Surjadi Soedirdja pada pukul 10.35 wib saat menjalani perawatan di RS Mayapada.

“Betul Beliau meninggal di RS Mayapada pukul 10.35 WIB dalam kondisi udah
sakit (stroke) udah empat tahun yang lalu,” kata Rachman ketika ditemui di lokasi rumah duka kepada wartawan pada Selasa, 3 Agustus 2021

Pantauan VIVA di lokasi, karangan bunga dari gubernur Anies Baswedan, Wagub Ariza Patria sudah dipasang. Tampak sekretaris daerah(Sekda) Marullah Matali didampingi PLT Walikota Jakarta Selatan, Isnawa Adji, Sekretaris Kota Munjirin dan Lurah Cilandak Barat.

Rachman menyebut untuk penyakit yang dideritanya sudah lama sekitar 4 tahunan. Dia meninggal di usia 82 tahun dengan meninggalkan 2 anak serta 3 cucu.

Sementara itu jenazah Surjadi Soedirdja tiba di rumah duka pukul 14.00 WIB di Jalan MPR 2 nomor 8 A Gaharu, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Selasa, 3 Agustus 2021.

Rachman Muchtar mengatakan, almarhum Mantan Gubernur DKI Jakarta Surjadi Soedirdja akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata sore nanti.

“Insya Allah akan dimakamkan di Kalibata jam 16.00 WIB,” kata Rachman lagi

Tampak di lokasi rumah duka, Gubernur Anies Baswedan serta Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian sudah tiba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya