Puluhan Napi Terpapar COVID-19, Lapas IIA Tangerang Lockdown

Ilustrasi Lapas
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi

VIVA – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Tangerang, Banteng terpaksa di-lockdown usai puluhan warga binaan pemasyarakatannya atau WBP, dinyatakan terpapar COVID-19.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Kasie Pembinaan Lapas Klas IIA Tangerang Herti Hartati mengatakan, aturan lockdown itu diterapkan sementara waktu. Setelah sebelumnya 65 WBP terpapar COVID-19 dalam kurun waktu satu bulan

"Ya, selama satu bulan ada 65 WBP yang terpapar. Tapi bersyukurnya, saat ini sudah sembuh, tersisa 10 lagi yang terpapar dan masih menjalani isolasi mandiri. Makanya, kaitan kasus tersebut, kami melakukan lockdown, mulai awal bulan Juli sampai saat ini," katanya, Rabu, 4 Agustus 2021.

Mario Dandy Dijebloskan ke Lapas Salemba Usai Vonis 12 Tahun Berkekuatan Hukum Tetap

Dalam lockdown itu, pihaknya tidak membolehkan ada aktivitas keluar masuk lapas. Baik itu dari sipir hingga keluarga sekali pun.

"Selama sebulan lockdown ini tidak ada kunjungan. Karena memang membatasi hilir mudik orang luar dan bawaannya, jadi yang boleh dititipkan hanya vitamin, obat-obatan yang dikhususkan menambah daya tahan tubuh," jelasnya.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Para WBP itu masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG) dan menjalani perawatan di dalam lapas. Mereka yang kini masih terpapar, juga didampingi oleh tenaga medis.

"Mereka OTG, dan jangan sampai ada yang meninggal atau bertambah. Mungkin tingkat virusnya tidak tinggi dan tidak ada penyakit penyertanya," jelasnya.

Bangunan bekas Blok Tirta Gangga Lapas kelas 2A Kerobokan, Bali, yang ludes terbakar

Bekas Hunian Lapas Kelas IIA Kerobokan Bali Ludes Terbakar

Para pekerja sempat melakukan pemadaman darurat secara manual di bekas lapas tersebut namun tak berhasil.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024