Antisipasi Lonjakan Pasien COVID-19, RS Fatmawati Tambah Tempat Tidur

Situasi di depan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUP Fatmawati, Jaksel.
Sumber :
  • ANTARA/Sihol Hasugian

VIVA – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, Jakarta Selatan, menambah kapasitas tempat tidur untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pasien kasus COVID-19.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

"RS Fatmawati menambah kapasitas tempat tidur yang semula 350 menjadi 500 tempat tidur. Dan ini kita sudah siapkan sejak jauh hari apabila terjadi eskalasi pasien COVID-19," kata Kepala Sub Koordinator Hubungan Masyarakat RSUP Fatmawati, Atom Kadam saat dihubungi di Jakarta, Jumat, 6 Agustus 2021.

Selain menyiapkan tempat tidur, pihaknya juga memastikan ketersediaan pasokan oksigen dan alat kesehatan lainnya apabila terjadi lonjakan kasus.

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

"Kita memang mendapat bantuan dari Kementerian Kesehatan untuk pemenuhan sarana dan prasarana dan saat ini semuanya terdistribusi dengan baik," katanya.

Atom mengatakan, pihaknya juga mendapat bantuan tenaga relawan kesehatan khusus menangani pasien COVID. “Untuk saat ini kita punya 1.600 tenaga kesehatan. Dan sekitar 1.200 itu menangani pasien COVID, itu termasuk para relawan tadi," ujar Atom.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Menurut dia, pasien COVID-19 di RSUP Fatmawati terus mengalami penurunan. Penurunan itu telah berlangsung sejak 16 Juli lalu pada saat pemberlakuan PPKM.

"Data terakhir kemarin, pasien COVID ada 232 yang masih menjalani perawatan. Kami juga sudah siapkan ruangan IGD sebagai tempat khusus untuk COVID," ujarnya. (Antara)
 

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024