Gerakan Berbagi Gandeng Mahasiswa Borong Dagangan UMKM

Mahasiswa membeli dagangan pedagang dan UMKM
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara bersama dengan Forum Mahasiswa Merah Putih dan #gerakanberbagiuntukwarga kembali menyalurkan 210 paket sembako dan 840 nasi bungkus yang dibeli dari UMKM setempat, kepada warga yang terdampak pandemi COVID-19.

2 Mahasiswa Psikologi Islam IAIN SAS Babel Raih Prestasi Peneliti Muda Terbaik di KNPMPI 2024

Saat ini bantuan dibagikan di Kampung Pelangi RT07 RW09 Kelurahan Cipete Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat, 6 Agustus 2021.

Sekretaris Daerah (Sekda) Korda DKI BEM Nusantara, Abu Muhammad Farhan mengatakan, pada hari ini pihaknya bersama-sama dengan yang lain berada di Kampung Pelangi Kelurahan Cipete Utara Kecamatan Kebayoran Baru untuk melakukan gerakan berbagi untuk warga. Berdasarkan pantauannya, banyak warga di sini yang terdampak pandemi COVID-19.

Kasus Taruna STIP Tewas Dianiaya Seniornya, 36 Saksi Sudah Diperiksa Polisi

“Sehingga kami membagikan sembako dan borong bagi-bagi untuk membantu UMKM yang ada di daerah ini, agar bisa terbantu,” tutur Abu di Kampung Pelangi Kelurahan Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jumat, 6 Agustus 2021.

Menurut Abu, kegiatan ini adalah salah satu bentuk mahasiswa yang mewujudkan agent of change yang turun atau terjun langsung untuk membantu masyarakat, seperti halnya dalam kegiatan ini. Abu berharap, dengan adanya bantuan yang diberikan bisa memenuhi kebutuhan pokok masyarakat yang ada di tempat ini.

Polisi Gelar Perkara Lagi Kasus Mahasiswa STIP Tewas Dianiaya Senior, Ada Tersangka Baru?

“Ini bentuk mahasiswa agent of change yang turun dan terjun langsung dalam kegiatan ini, kami bersama mahasiswa berharap dengan apa yang kami berikan bisa bermanfaat bagi warga,” ucap Abu.

Sementara, Koordinator Nasional Forum Mahasiswa Merah Putih, Fahrurrozi mengatakan, kegiatan hari ini berbagi untuk warga bersama-sama dilakukan untuk membantu warga dalam penekanan angka COVID-19 melalui gerakan ekonomi, seperti gerakan berbagi sembako dan pemberdayaan UMKM.

“Untuk pemberdayaan UMKM-nya kami membeli nasi dari warga untuk warga. Kami juga mengajak elemen masyarakat dan mahasiswa untuk hadir di tengah masyarakat yang terdampak atau terkena efek COVID-19,” tutur Fahrurrozi.

Menurutnya, Indonesia sudah dua tahun melalui masa yang sulit akibat COVID-19, maka dari itu pada saat inilah masyarakat harus hadir dalam gotong royong seperti jargon negara, agar bisa menjadi obat bagi masyarakat.

“Apalagi sudah dua tahun ini kami melewati Pandemi COVID-19, saat inilah waktu yang tepat untuk bergotong royong saling membantu untuk menjadi obat bagi masyarakat semua,” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan ini Ketua RT07 RW09 Kelurahan Cipete Utara Kecamatan Kebayoran Baru, Mohammad Sholeh mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan kepada warganya. Karena menurutnya, banyak warga sekitar yang berprofesi sebagai pemulung dan pengangkut sampah terdampak COVID-19.

“Kami mewakili atas nama pengurus lingkungan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada warga kami. Harapan kami, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Saya pun yakin bantuan ini pasti bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan warga kami yang terimbas COVID-19,” ucap Mohammad Sholeh.

Dia juga mengapresiasi atas kegiatan pemberdayaan pengusaha kecil di lingkungannya, karena dengan begitu bisa membantu pemasukan serta bermanfaat bagi warganya.

“Karena dari segi dampak sangat berdampak sekali di lingkungan yang padat, dari segi ekonomi. Warga kami sebagian besar pemulung dan pengangkut sampah bahkan ada pekerja buruh harian, semoga ini bermanfaat,” harapnya.

Salah seorang warga penerima bantuan #gerakanberbagiuntukwarga, Retno Tri Utami mengatakan, bantuan yang diberikan sangatlah bermanfaat karena diberikan saat sedang membutuhkan.

“Terima kasih banyak atas bantuan yang diberikan. Karena pas banget lagi gapunya. Sebelumnya saya juga hanya ibu rumah tangga, karena saat sulit seperti ini saya harus bantu suami ikut jualan. InshaAllah bantuannya bermanfaat,” katanya.

Baca juga: Polri Sebar 1.000 Paket Sembako ke Mahasiswa Perantauan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya