Anies Pamer Megahnya Stasiun CSW Jakarta Selatan

Stasiun Integrasi Cakra Selaras Wahana (CSW) di jakarta Selatan
Sumber :
  • Facebook Anies Baswedan

VIVA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memamerkan pembangunan bundaran transit yang menghubungkan antara halte TransJakarta, dan tempat jalur MRT Jakarta. Menurutnya, sebentar lagi masyarakat Jakarta tidak perlu bersusah payah untuk pindah antar moda.

Jokowi Soroti Arus Mudik di Pelabuhan Merak: Perlu Penanganan Lebih Fokus

"Karena Stasiun Integrasi Cakra Selaras Wahana (CSW) sudah hampir tuntas," kata Anies dalam akun Instagramnya @aniesbaswedan di Jakarta, Senin, 9 Agustus 2021.

Anies mengemukakan dengan adanya pembangunan stasiun integrasi antara moda ini tentunya akan mempermudah perpindahan orang antar satu kendaraan dengan kendaraan lain.

Situasi Puncak Arus Mudik Stasiun Senen, 26.777 Orang Tinggalkan Jakarta

"Ini lebih dari sekadar membangun fisik yang tampak indah di foto, ini soal integrasi antarmoda transportasi yang dulu terpisah. Ini upaya meningkatkan akses mobilitas, sekaligus sebuah ruang ketiga yang menghubungkan antar warga," katanya lagi.

Stasiun Integrasi Cakra Selaras Wahana (CSW) di jakarta Selatan

Photo :
  • Facebook Anies Baswedan
Awas Kehabisan! Ada KA Tambahan Khusus Relasi Gambir-Yogyakarta PP untuk Lebaran

Baca juga: Anies Sebut Pengelola Mal Akan Disanksi jika Tak Syaratkan Vaksin

Ia menjelaskan bahwa jembatan layang ini menghubungkan antara Stasiun MRT ASEAN dengan Halte Transjakarta CSW yang melayani bus koridor 13, Halte CSW 2 dan Halte TJ Kejaksaan Agung dan Halte ASEAN (Koridor 1). Jembatan layang ini dilengkapi dengan eskalator, tangga, dan elevator/lift.

"Ketika sudah terintegrasi, mindset warga akan mulai berubah, bahwa kendaraan umum bukan satu moda saja tapi seluruh moda yang saling terkoneksi," ujarnya.

Anies menjabarkan orang yang akan pindah di Stasiun CSW itu akan menguras tenaga sebab harus menaiki anak tangga dan berjalan titik lokasi moda transportasi lainnya.

"Harus naik turun ratusan anak tangga untuk berpindah moda, anak muda yang masih fit pun akan mandi keringat ketika mencoba transit dari Halte Transjakarta CSW ke Stasiun MRT ASEAN dan sebaliknya. Sebuah perjalanan yang menantang secara fisik karena dulu dua moda transportasi utama Jakarta ini tidak tersambungkan," katanya.

 

Stasiun Integrasi Cakra Selaras Wahana (CSW) di jakarta Selatan

Photo :
  • Facebook Anies Baswedan

Tentunya, warga tak sabar untuk mencoba Stasiun Integrasi CSW ini. Tapi ingat Jakarta masih PPKM level 4, yang boleh bepergian hanya pekerja sektor esensial dan kritikal atau untuk kebutuhan mendesak.

Lebih lanjut, kata dia, penyelesaian Stasiun Integrasi CSW masih terus dikebut. Sehingga ketika sebagian besar dari kita telah terlindungi vaksin dan PPKM mulai dilonggarkan, Stasiun Integrasi CSW sudah siap menjadi titik penghubung mobilitas warga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya