Situs KPU Jaktim Diretas, Ada Gambar Kartun Bawa Bendera Merah Putih

Ilustrasi/peretasan
Sumber :

VIVA – Situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Timur diretas oleh peretas yang mengatasnamakan dirinya Clan_X7.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Ketua KPU Jakarta Timur Wage Wardana membenarkan peretasan tersebut. Dia mengatakan KPU Jakarta Timur mengetahui kabar peretasan situs pada Selasa malam, 17 Agustus 2021.

"Pertama kali diketahui itu semalam ketika saya mau naikin berita sekitar pukul 22.00 WIB. Saya mau naikin aktivitas internal KPU Jakarta Timur, kemudian staf saya bilang websitenya diretas," kata Wage Wardana di Jakarta, Rabu.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Wage Wardana menambahkan akibat peretasan oleh orang tak bertanggung jawab itu pihaknya tidak dapat menggunakan situs resmi KPU Jakarta Timur.

Wage mengatakan bahwa kejadian peretasan situs KPU Jakarta Timur itu merupakan yang pertama kali dialami.

Biaya Hidup di Jakarta Makin Mahal, Pengamat: Pemudik Tidak Lagi Bawa Keluarga

"Ini baru pertama kali kejadian. Waktu tahun pemilu 2019 kemarin justru enggak ada. Aman-aman saja," ujar Wage Wardana.

Lebih lanjut, Wage mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan upaya normalisasi untuk mengembalikan situs KPU Jakarta Timur seperti semula.

"Kami sudah koordinasi untuk normalisasi tapi sejauh ini masih dalam proses perbaikan. Insyaallah sebentar lagi normal. Tapi sejauh ini belum 100 persen pulih," tutur Wage.

Berdasarkan pantauan hingga pukul 13.30 WIB, situs KPU Jakarta Timur yang beralamat di www.jakartatimur.kpu.go.id masih belum dapat diakses seperti semula.

Peretas sebelumnya juga mengubah tampilan situs KPU Jakarta Timur dengan sebuah gambar karakter anime membawa bendera merah putih dengan tulisan dalam gambar "Indonesia 17 Agustus 2021". (Ant/Antara)

Baca juga: Sistem Lelang Elektronik Proyek Gedung RSUD Kudus Diretas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya