Bareng Mahasiswa, Gerakan Berbagi Sebar Ribuan Sembako di Pulau Seribu

Pembagian sembako ke warga di Pulau Seribu
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gerakan Berbagi Untuk Warga kembali menggandeng beberapa Aliansi  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan organinasi keagamaan memberikan bantuan berupa 4.254 paket sembako untuk warga di pulau-pulau permukiman Kepulauan Seribu.

Polri Bakal Keluarkan Red Notice 2 Tersangka TPPO Ribuan Mahasiswa ke Jerman

Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi menuturkan bantuan sosial berupa sembako ini akan didistribusikan untuk warga yang sedang melakukan isolasi mandiri akibat terpapar COVID-19, selain itu juga akan dibagikan juga untuk warga yang telah melakukan vaksinasi massal. 

"Pada kesempatan ini kami menerima bantuan sembako sebanyak 4.254 paket, yang nanti akan didistribusikan kepada warga yang telah melakukan vaksinasi maupun kepada warga yang sedang melakukan isolasi mandiri," ujar Junaedi. 

SNBP Tahun 2024, USU Terima 2.244 Mahasiswa Baru

Perwakilan dari PP Muhammadiyah, Cak Nanto menambahkan, dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban para warga yang saat ini membutuhkan karena terdampak COVID-19. 

"Kami hadir  di sini untuk meringankan beban dan insya Allah doakan kegiatan ini tidak akan berhenti di Kepulauan Seribu tapi juga ke daerah-daerah lain yang membutuhkan dan terdampak COVID-19," imbuh Cak Nanto. 

Polri Ungkap Mahasiswa Korban TPPO di Jerman Banyak Terlilit Utang

GP Ansor Kepulauan Seribu Ibnu Sahid mengucapkam terima kasih atas kepedulian dari para mahasiswa dan juga gerakan berbagi untuk warga. Menurut Ibnu bantuan tersebut dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar. 

"Kami mewakili Kepulauan Seribu mengucapkan terima kasih kepada gerakan berbagi untuk warga untuk kelapa dua secara simbolis tapi itu Kepuluan Seribu umumnya terima kasih semoga menjadi manfaat untuk warga dan barokah untuk donatur," ucapnya. 

Hermawati perwakilan dari Fatayat NU menuturkan, di saat pandemi seperti ini masyarakat banyak yang terdampak baik itu dari segi kesehatan dan perekonomian. Oleh karenanya kegiatan ini sangat membantu untuk warga yang membutuhkan.

"Sebenarnya kita di masa pandemi ini masyarakat memang banyak yang terkena dampak dan memang kegiatan berbagi ini sangat-sangat membawa maanfaat untuk warga," imbuh Hermawati.

Sekretaris Nasional Forum Mahasiswa Merah Putih Faturahman mengatakan aksi ini merupakan kegiatan yang mulia. Faturahman menjelaskan kegiatan berbagi sembako di tengah pandemi sangat bermanfaat untuk masyarakat. 

"Pada hari ini kita menggelar aksi kemanusiaan dari berbagi untuk warga dan juga BEM Nusantara. Kami menggelar aksi kemanusiaan bagi-bagi sembako untuk warga terdampak COVID-19 di Kepulauan Seribu. Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena ini merupakan bentuk bahu membahu agar Indonesia tangguh dan tumbuh," tuturnya. 

Koordinator Pusat BEM Nusantara Dimas Prayoga menyatakan mengapresiasi langkah gerakan berbagi untuk warga dalam menggelar aksi tersebut. Menurut Dimas pihaknya siap untuk dilibatkan dalam kegiatan bakti sosial selanjutnya. 

"Mewakili kawan-kawan mahasiswa yang lain saya kordinator pusat BEM dilibatkan dalam pembagian sembako sebanyak 4.252 paket yang dibagikan di Pulau Seribu termasuk Pulau Kelapa. Hari ini kita apresiasi setinggi-tingginya untuk apa yang dilakukan gerakan berbagi untuk warga karena Kepulauan Seribu bukan titik yang pertama. Ini kegiatan lanjutan dari kawan-kawan gerakan berbagi yang hari ini turun dan berupaya membantu meringankan beban yang dirasakan masyarakat terdampak COVID-19. Kami dari elemen mahasiswa sangat mengapresiasi dan siap untuk dilibatkan dalam aksi sosial seperti ini," paparnya. 

Korwil BEM SI Jabodetabeka Banten, Rizky Al Farizie menjelaskan, kegiatan ini sebagai wujud empati terhadap masyarakat yang terdampak pandemi. Rizki berharap agar kegiatan tersebut dapat dijadikan contoh. 

"Kegiatan ini, selama pandemi masih berlangsung bentuk empati adalah yang penting untuk di jalankan apa yang kemudian dilaksanakan gerakan berbagi untuk warga menjadi role model bahwasanya kepedulian tersebut tidak hanya dikira besar saja bahkan sampai di Kepulauan Seribu.Pandemi musuh bersama, harapannya masyarakat termotivasi dan keadaan kembali menjadi normal," imbuhnya. 

Salah satu warga bernama Anisa, mengucapkan terima kasih untuk Gerakan Berbagi Untuk Warga atas bantuan sembako dan vaksinasi. Menurutnya kegiatan positif ini sangat bermanfaat untuk warga Kepulauan Seribu. 

"Terima kasih Gerakan Berbagi Untuk Warga yang telah memberikan sembako dan vakainasi untuk warga terdampak COVID-19," katanya.

Pembagian sembako ini juga dilakuakan serentak di pulau-pulau pemukiman lainnya seperti di Pulau Pari, Pulau Untung Jawa, Pulau Panggang, Pulau Harapan dan dibagikan juga untuk para buruh angkut Pulau.

Baca juga: Diduga Dianiaya Habib Bahar, Tulang Iga Ryan Jombang Retak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya