Apa Arti 404: Not Found yang Ada di Mural Jokowi? Ini Sejarahnya

Mural wajah mirip Presiden Jokowi di kolong jembatan Kereta Bandara Soetta
Mural wajah mirip Presiden Jokowi di kolong jembatan Kereta Bandara Soetta
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Belum lama ini, media sosial dihebohkan oleh mural di kawasan Jalan Pembangunan I, Kelurahan Bayu Jaya, Kecamatan Batu Ceper, Kota Tangerang. Sebab, dalam mural tersebut terlihat wajah seseorang yang mirip Presiden Joko Widodo dengan tulisan kode 4040: Not Found. Apa arti 404: Not Found?

Digambar pada dinding dengan ukuran 2x1 meter yang ada di kolong jembatan Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta, sosok yang mirip Presiden Jokowi itu berwarna abu-abu, hitam, dan putih, dengan bagian mata yang diberikan garis merah tebal bertuliskan 404: Not Found.

Hingga saat ini, mural tersebut masih banyak dibahas dan menjadi polemik lantaran pihak yang menggambar mural Jokowi itu diburu polisi.

Apa arti mural 404: Not Found yang sempat viral itu?

Berdasarkan informasi yang didapat dari orang sekitar, gambar mural tersebut sudah ada sejak sekitar delapan bulan yang lalu. Selama delapan bulan itu, tidak ada satupun pihak pemerintah setempat yang mengetahuinya.

Dikabarkan, gambar dinding itu muncul sebagai bentuk kegelisahan terkait dengan penanganan COVID-19 yang dilakukan oleh pemerintah, khususnya terkait kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

“Sudah dari delapan bulan yang lalu, dan selama saya di sini enggak ada siapa-siapa (pemerintah) yang datang buat cek ini,” ujar Irsyad, seorang pedagang kopi yang berjualan di sekitar lokasi, Kamis, 12 Agustus 2021.