Kebakaran Besar di Kemayoran, 60 Rumah Dilahap Api

Petugas Berusaha Padamkan Api di Kemayoran Jakarta Pusat
Sumber :
  • VIVA/ Willibrodus

VIVA – Kebakaran hebat terjadi di Jalan Swadaya, RT 014 RW 05, Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu 29 April 2021. Kebakaran yang terjadi tepat di belakang Apartemen Grand Place, sekitar pukul 18.20 WIB itu menghanguskan 60 rumah petak.

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat, Asril Rizal mengatakan, area yang terbakar merupakan kawasan padat penduduk. Sehingga, api cepat menjalar. Api yang menjalar cepat itu menghanguskan 60 rumah.

"Untuk yang terbakar tadi kurang lebih masih dalam pendataan, ada 60 rumah petak. Bangunannya memang kecil-kecil dan ini di kawasan padat penduduk," kata Asril saat ditemui di lokasi kebakaran, Minggu malam. 

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Dalam insiden tersebut, lanjut Asril, pihaknya menerjunka 21 unit bersama 84 personel pemadam untuk memadamkan api. Diduga, kebakaran tersebut terjadi akibat korsleting listrik di salah satu rumah.

"Yang terbakar tadi itu memang material mudah terbakar. Saat ini api sudah dalam tahap pendinginan, sebentar lagi selesai," lanjutnya.

Terkuak, Toko Frame Mampang yang Alami Kebakaran Maut Tidak Punya Pintu Darurat

Warga yang terdampak kebakaran itu pun bahu-membahu untuk ikut memadamkan api. Mereka mengisi air dari selokan pada sejumlah wadah, mengestafetnya, lalu ikut mengguyur api berharap bisa segera padam untuk menyelamatkan kediaman mereka.

"Air-air cepet, oper cepet air, ambil air," teriak warga di lokasi. 

Sementara sebagian warga yang tak sanggup melihat kobaran api yang melahap rumah mereka, tampak terisak-isak sembari menenteng beberapa barang yang berhasil diselamatkan. Meski tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerungian yang diakibatkan ditaksir mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya