Makam di TPU Rorotan Amblas, Pemprov DKI: Peti Jenazah Mulai Lapuk

Anies Baswedan ikut bergabung dengan keluarga yang berziarah di TPU Rorotan.
Sumber :
  • Instagram, @aniesbaswedan.

VIVA – Sejumlah makam yang ada di Tempat Pemakaman Umum atau TPU khusus COVID-19 di Rorotan, Cilincing Jakarta Utara, sempat ambles. Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, langsung melakukan perbaikan. Yakni dengan pemadatan tanah dan pengecekan secara rutin untuk mengantisipasi lahan makam amblas kembali.

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga

"Setiap ada yang amblas, dengan segera kami rapikan kembali, langsung dipadatkan dan dibentuk petak makamnya. Yang baru-baru ini terjadi, terdapat 10 petak makam yang amblas di sisi timur, tapi kondisinya tidak parah dan petugas juga langsung merapikan petak makam tersebut," jelas Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati, Rabu 1 September 2021.

Lebih lanjut, Suzi menambahkan, amblasnya makam seringkali terjadi akibat peti jenazah yang sudah mulai lapuk. Untuk itu, pihaknya akan menambah dan memadatkan tanah di setiap petak makam.

Angger Dimas Ungkap Alasan Sang Ibunda Dimakamkan Dekat Makam Dante

Suzi juga menegaskan, meskipun lahan makam adalah bekas rawa, tetapi sudah dilakukan pengurukan dan pemadatan tanah menggunakan alat berat. Sehingga, potensi amblasnya kecil.

"Kami akan terus berupaya mengurangi kemungkinan potensi amblasnya tanah. Hal ini lumrah terjadi, bukan hanya pada pemakaman khusus COVID-19, tetapi juga pada pemakaman biasa, terutama yang menggunakan peti jenazah. Pengecekan lahan akan selalu rutin kami lakukan," jelas dia.

Kematiannya Dianggap Tak Wajar, Makam Seorang Pria di Garut Dibongkar

Sebelum itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, sebelum dijadikan tempat pemakaman khusus jenazah COVID-19, memang lokasi itu merupakan bekas rawa yang kemudian dimanfaatkan untuk lahan kuburan. 

"Ya memang makam di rorotan itukan makam yang sebelumnya rawa, kemudian kita uruk ternyata kalau memang ada yang ambles nanti kita carikan solusinya," kata wakil gubernur.

Vicky Prasetyo

Sederet Artis Tanah Air yang Sudah Persiapkan Kematiannya Jauh Hari, Beli Kafan hingga Batu Nisan

Kematian yang datangnya penuh misteri dan merupakan, sesuatu hal yang pasti ini tentu buat sebagian orang jadi merasa takut dan persiapkan berbagai hal sebelum ajal tiba.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024