5 Petugas Damkar Berjibaku Menangkap Ular Piton 4 Meter di Rumah Warga

Lima petugas damkar berjibaku dengan ular piton 4 meter.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA – Ular piton liar dengan ukuran panjang 4 meter gegerkan warga di Jalan Sungai Barito RT 01 RW 06, Kelurahan Semper Barat, Jakarta Utara, Rabu 1 September 2021. Ular dengan ukuran diameter tubuhnya hampir sebesar paha orang dewasa tersebut muncul diduga dari arah perkebunan di belakangan rumah warga, dan masuk ke dalam rumah.

Pemilik rumah yang mendengar adanya suara berisik di dapurnya mendapati ular besar tersebut sedang melingkar diantara pipa Paragon dekat kamar mandi.

Kasie Ops Damkar Jakarta Utara, Rahmat Kristantio, mengatakan informasi adanya ular besar tersebut berkat laporan masyarakat, pihak Damkar kemudian menerjunkan lima orang personil untuk mengevakuasi ular besar itu.

“Laporan warga kita terima ada ular besar jenis piton atau sanca yang masuk ke dalam rumah, sempat membuat kerusakan plafon rumah warga,” ujar Rahmat dikonfirmasi, Rabu 1 September 2021.

Tiba di lokasi lima orang personil Damkar Jakarta utara langsung diantar menuju lokasi tepat persembunyian ular tersebut oleh warga sekitar. Saat dilakukan penangkapan, ular berusaha menyerang salah satu petugas Damkar dan kabur keluar rumah warga. Petugas pun melakukan pengejaran dan mengepung ular tersebut di sebuah bagasi rumah warga.

“Di situ ular berusaha masuk ke dalam tumpukan kayu, namun salah satu petugas kami berhasil menangkap bagian ekor ular,” ujarnya.

Proses evakuasi ular ukuran besar tersebut memakan waktu sekitar satu jam. Ular yang bersifat cukup agresif ini sempat membuat lima petugas Damkar kewalahan. Dengan alat seadanya berupa kayu dan perkakas penjepit, ular berhasil ditarik dari dalam tumpukan kayu.

“Salah satu petugas kami dengan cekatan berhasil meraih kepala ular, dan berhasil menangkapnya,” ujar Rahmat.

Selanjutnya, ular dimasukkan ke dalam karung untuk dievakuasi petugas. Ular piton 4 meter itu rencananya akan dilepas kembali ke habitatnya yang jauh dari pemukiman warga.

Petugas Damkar Jaktim Diduga Cabuli Anak Kandung, Ibu dan Nenek Korban Diperiksa
Kabid Humas PMJ, Kombes Pol Ade Ary

Diduga Cabuli Anaknya Sendiri, Polisi Periksa Petugas Damkar Jaktim

Polisi bakal memeriksa anggota Damkar Jakarta Timur berinisial SN yang diduga melecehkan anak kandungnya sendiri. Hal itu diungkap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024