Empat Tahun Berturut-turut, Indek Demokrasi di DKI Jakarta Tertinggi

Balai Kota DKI Jakarta. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA.co.id / Fajar GM

VIVA – Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) di DKI Jakarta tertinggi selama empat tahun berturut-turut sejak 2017, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

"Nilai IDI DKI Jakarta tahun 2020 alami peningkatan sebesar 0,92 poin menjadi 89,21 dibanding tahun 2019 yang sebesar 88,29," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI Jakarta, Taufan Bakri di Jakarta, Jumat, 3 September 2021.

Taufan menjelaskan, ada tiga aspek yang dinilai dalam penghitungan nilai IDI, yakni aspek kebebasan sipil, aspek hak-hak politik dan aspek lembaga demokrasi.

Amnesty International Sebut Pelanggaran HAM di RI Semakin Buruk, Aparat Paling Banyak Terlibat

Ke depan, Pemprov DKI akan berusaha untuk tetap meraih kategori baik dalam indeks demokrasi, dengan menjaga nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat di wilayah DKI Jakarta.

"Untuk bisa mempertahankan hal yang sudah baik ini, tentu kami membutuhkan dukungan semua pihak dan seluruh komponen masyarakat. Mari kita bersama-sama tetap menjaga Jakarta aman dan demokratis," kata Taufan.

Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran di KPU, Anies Ungkit Pilpres 2024 Banyak Catatan

Sejak 2017, nilai IDI di DKI terus bertumbuh, yakni 84,73 pada 2017 dan 85,08 pada 2018. (Antara)

Prabowo dan Megawati

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Ketua DPP PDIP Said Abdullah merespons pernyataan sejumlah pihak yang medorong kerjasama antara PDIP dengan Prabowo Subianto selaku presiden terpilih 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024