Sempat Dikira Hoax, Begini Fakta Kerumunan Senam Massal di Puri Indah

Senam massal di Puri Indah pada Minggu pagi di Jakarta Barat
Sumber :
  • Twitter Rudi Valinka

VIVA – Sebuah video senam yang dihadiri massa di kawasan Puri Indah, dekat kantor Wali Kota Jakarta Barat viral di media sosial. Dari video yang diunggah akun Twitter Rudi Valinka @kurawa, memperlihatkan kerumunan warga yang sedang melakukan aktivitas senam di depan pertokoan sekitaran apartemen. 

Raih Tiga Medali Emas, Ygritte Gara Harumkan Indonesia di Event Bangkok Gymnastics Invitational 2024

Akun Rudi Valinka mengunggah video senam yang menyebabkan kerumuman warga itu pada Minggu pagi, 5 September 2021. Ia mengaku terganggu dengan suara musik pengirim senam terlalu keras sehingga mengganggu warga yang tinggal di apartemen. 

"Jakarta sudah "normal" pagi ini lokasi puri indah jakbar. Musiknya kenceng kaya saepul jameel lagi mau konser perdana," tulis Rudi Valinka di akunnya. 

Tembus Olimpiade, Rifda Irfanaluthfi Memberi Inspirasi ke Banyak Orang

Video yang diunggah Rudi itu sempat direspon Kepala Satpol PP Jakarta Barat Tamo Sijabat, dengan menyatakan video tersebut merupakan video lama yang dengan sengaja di viralkan kembali oleh orang tidak tanggung jawab.

Tamo berdalih sudah melakuan pemeriksaan ke sekitar lokasi yang kebetulan tidak jauh dari kantor Wali Kota Jakarta Barat. Kata dia, tidak ditemukan adanya kerumunan.

Senam Gemoy Goyang Pasar Cileungsi Bogor, Ribuan Warga Berobat Gratis

"Seperti video lama diviralkan kembali, anggota saya sudah berkali-kali cek ke lokasi, tidak ada laporan kerumunan akibat senam seperti yang diinfokan," ujar Tamo saat dikonfirmasi.

"Kita pastikan tidak ada yang namanya kerumunan ya, apalagi di lokasi yang dekat dengan kantor wali kota ya, itu tidak mungkin, karena kita melakuan pengawasan setiap hari," sambungnya.

Sementara menurut pengakuan warga Puri Indah, kegiatan senam massal itu memang benar terjadi pada Minggu kemarin, di Jalan Puri Ayu, tidak jauh dari Sentra Niaga Puri Indah Jakarta Barat. Lokasinya juga berseberangan dengan kantor Wali Kota Jakbar.

Kegiatan senam itu diikuti banyak orang sehingga membuat kerumunan di masa PPKM level 3 di Jakarta.  Ditambah lagi suara musik yang keras mengganggu kenyamanan warga sekitar.

"Akhir pekan itu ramai, Minggu dah pada kumpul untuk senam, speaker musik disetel besar-besar," kata Ucok (59), warga sekitar lokasi yang dikonfirmasi Senin, 6 September 2021.

Warga lain, Heri (55) mengatakan senam ibu-ibu yang berjumlah puluhan hingga ratusan orang itu memang sudah biasa dilakukan setiap hari Minggu pagi. Kegiatan tersebut biasanya dimulai sekira pukul 06.00 WIB hingga 08.30 WIB.

"Kalau hari Minggu kaya Car Free Day disini, yang senam, lari jogging, yang jualan juga ramai," ujarnya.

Rudi Valinka mengaku kecewa dengan Kepala Satpol PP Jakarta Barat yang menuduh video yang diunggahnya video lama atau hoax. Padahal, Ia sendiri yang merekam dari atas apartemen di sekitar lokasi pada Minggu pagi kemarin.

"Padahal cuma 50-100 meter dari walikota jakbar, suara musiknya tembus sampai berkilo2 meter.. 
Terus dibokisin anggota satpol PP bilang sudah mengecek ke lokasi. Terus nuduh Hoax .." tulisnya lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya