Polisi Buru Pesepeda Road Bike yang Balapan di Jalan Sudirman

Pesepeda melintas di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta, Rabu, 17 April 2019. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA - Viral di media sosial, rombongan pesepeda road bike melintas di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Pesepeda melaju dengan kecepatan tinggi rata-rata 50,4 kilometer per jam.

MotoGP Portugal, Enea Bastianini Ingin Manfaatkan Status Pole Position

Terkait hal itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo, mengaku pihaknya tengah menganalisa rekaman video yang beredar di medsos.

Dia menegaskan, bike to work dan bike to sport sampai saat ini masih dilarang melintasi jalan Sudirman-Thamrin. Untuk itu, pihaknya memeriksa lewat kamera CCTV ETLE apakah ini video lama atau bukan.

Pesepeda Top Dunia Bakal Panaskan Persaingan di Maybank Cycling Series Il Festino 2024

"Sedang kami dalami di CCTV ETLE kami apakah terjadi hari ini atau kejadian sudah lama tapi baru di-upload hari ini. Nanti kalau memang namanya kami ketahui siapa pemilik akun tersebut dan kalau emang betul kelompok tersebut akan kami panggil untuk klarifikasi," kata dia kepada wartawan, Senin, 6 September 2021.

Baca juga: Pesepeda Road Bike Dilarang Melintasi JLNT Casablanca Hari Ini

Pembalap Indonesia Qarrar Firhand Berhasil Finis Kelima di Trofeo Andrea Margutti

Dia mengatakan apabila kejadian tersebut terjadi hari ini, maka kemungkinan rombongan pesepeda melintas pada saat anggota belum beraktivitas. Bisa jadi kejadian itu pagi hari sekali.

"Kalau lihat cuacanya kemungkinan itu pagi hari sekali memanfaatkan kelengahan petugas sebelum pukul 6," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, guna mengantisipasi hal ini terulang lagi, dia akan meminta anggotanya berjaga lebih pagi. Dalam rekaman video viral, mereka saling balap-balapan menuju ke Jalan Jenderal Gatot Subroto Jakarta Pusat.

"Kita akan menempatkan anggota lebih pagi lagi untuk mengantisipasi para pengguna bike to sport," katanya lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya