LSM Jangan Asal Protes Operasi Yustisi

VIVAnews - Meski menuai banyak kecaman dari sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM), pemerintah provinsi DKI Jakarta tetap akan menggelar operasi yustisi. LSM diminta memberi solusi bukan mempersulit keadaan.

"Silakan saja kalau LSM ingin memberi bantuan hukum, kita terbuka saja. Akan jauh lebih baik kalau mereka memberi solusi. Bukan malah mempersulit dengan mengatakan sebagai pelanggaran HAM," kata Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Selatan, Valentino, Senin 6 Oktober 2008.

Valentino mengatakan, operasi yustisi digelar untuk mengendalikan jumlah pendatang ke Jakarta pascalebaran. Sebab penambahan penduduk yang tidak memenuhi persyaratan dikhawatirkan akan memperberat masalah sosial di Jakarta.

Operasi akan digelar serentak di lima wilayah Jakarta pada 23 dan 30 Oktober. Sasarannya adalah warga pendatang yang tidak memiliki surat pindah dan jaminan pekerjaan. "Tanggal 23, wilayah Jakarta Selatan fokus di Kebayoran Lama," ujar Valentino.

Untuk memperlancar operasi, Pemprov DKI akan menggandeng hakim, jaksa, trantib, dan kepolisian. "Kalau mereka tidak memiliki surat dan ketrampilan akan dikirim ke panti sosial di Kedoya, dari situ kita latih. Untuk dipulangkan atau tidak itu wewenang wali kota," ujar Valentino.

Sementara itu, sanksi hukum bagi pendatang baru yang tidak memenuhi persyaratan kependudukan didasarkan pada Peraturan Daerah No 4 tahun 2004 tentang Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. Sanksinya kurungan selama-lamanya tiga bulan atau denda maksimal Rp5 juta. 

Beberapa waktu lalu Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengimbau agar pelaksanaan operasi yustisi memperhatikan kaidah HAM. Sebab, selama ini perlakuan petugas trantib sering tidak manusiawi. Sejumlah LSM seperti Human Rights Working Group (HRWG) bahkan terang-terangan menentang operasi kependudukan ini.

Pernyataan Ketum PSSI Erick Thohir Usai Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan Guinea
Pemain Bayer Leverkusen rayakan kemenangan

Atalanta Tantang Bayer Leverkusen di Final Liga Europa 2023/24

Atalanta dipastikan akan bertemu Bayer Leverkusen di final Liga Europa 2023/24. Kedua tim memastikan ke final usai pertandingan leg 2 semifinal.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024