Antisipasi Banjir Jakarta, Wagub: Kita Belajar dari Tahun Sebelumnya

Banjir Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyampaikan potensi banjir di Ibu Kota sudah diantipasi saat musim hujan tiba nanti. DKI punya pengalaman dalam menghadapi bencana banjir.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Menurut dia, mulai dari sektor pengerukan, gerebek lumpur, perbaikan poma, waduk, dan setu juga sudah disiapkan untuk menampung air hujan. 

"Alat-alat kita kerahkan, kita bagi dua shift, pagi sore malem. Kita libatkan semua instansi terkait, tidak hanya SDA (sumber daya alam), tapi semua jajaran Pemprov terlibat aktif," kata Riza di kantornya, Selasa, 14 September 2021. 

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Untuk itu, dia meminta kepada warga yang tinggal di pinggiran sungai agar dapat mematuhi aturan. 

"Bahkan yang paling penting masyarakat harus patuh, disiplin, waspada. Apalagi masyarakat yang tinggal di bantaran sungai, di sekitar daerah-daerah di tergenang air," jelasnya. 

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

Pun, ia menambahkan, agar kejadian banjir tidak terulang lagi, maka Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengerahkan sumber daya manusia dan alat-alat dalam menghadapi musim penghujan tersebut. Bagi dia, pengalaman sebelumnya jadi modal penting.

Salah satu cara Pemprov dengan melakukan pengerukan di sungai dan waduk. Beberapa polder juga sudah dibangun seperti di Kelapa Gading, Pulomas, hingga Kamal.

"Kita belajar dari tahun ke tahun sebelumnya tentang antsipasi pencegahan penanganan pengendalian banjir termasuk rehabilitasi," ujar politikus Gerindra itu. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya