Siap-siap, Gunakan Knalpot Bising hingga Rotator Akan Ditilang

Ilustrasi/Razia kendaraan saat operasi patuh jaya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali Wafa

VIVA – Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya mengungkap ada tiga sasaran utama Operasi Patuh Jaya 2021. Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran mengatakan, kalau pihaknya bukan cuma konsen ke pelanggaran lalu lintas tapi juga pelanggar protokol kesehatan COVID-19.

Eks Ajudan SYL Ungkap Firli Minta Uang Rp50 Miliar, Apa Kabar Berkas Kasus Pemerasan di Polri?

"Operasi Patuh Jaya 2021 disamping ingin meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas sekaligus meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam mentaati prokes COVID sehingga dapat mewujudkan keamanan, kesehatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas serta memutus mata rantai COVID," kata dia di Markas Polda Metro Jaya, Senin 20 September 2021.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo menambahkan sasaran operasi pertama berkaitan dengan penggunaan knalpot bising. Lalu, sasaran kedua adalah penggunaan rotator dan sirine yang tidak sesuai aturan. Tak bisa dipungkiri masih banyak ditemukannya pengguna rotator dan sirine tak sesuai aturan.

Polisi Sebut Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari Kerja Open BO

"Penertiban knalpot bising akan kami gencarkan baik oleh Polda Metro Jaya dan seluruh anggota Polres jajaran. Masih banyak ditemukan kendaraan pelat hitam yang gunakan rotator dan sirine di jalan. Padahal sesuai UU Lalin (Undang-Undang Lalu Lintas) hanya ada tujuh golongan yang punya hak prioritas di jalan dan hanya ada tiga kelompok gunakan rotator," katanya.

Yang ketiga, lanjut Sambodo terkait aksi balapan liar. Kata dia, masih didapati aksi balap liar di Ibu Kota. Dirinya menegaskan kembali juga akan patroli mengingatkan terkait protokol kesehatan COVID-19.

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Diklaim Bakal Aksi di MK Besok, Polri Lakukan Ini

"Ketiga, balapan liar semakin lama semakin banyak balapan liar yang kucing-kucingan dengan petugas. Kami akan intensifkan penegakan hukum terhadap balapan liar," ujarnya menyudahi.

Sebelumnya diberitakan, mulai hari ini, Senin 20 September sampai dengan 3 Oktober 2021 Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya menggelar Operasi Patuh Jaya 2021.

Selain menyasar pelanggaran lalu lintas, operasi ini juga bertujuan mengingatkan protokol kesehatan. Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran memimpin langsung apel gelar pasukan Operasi Patuh Jaya. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria pun hadir dalam apel tersebut.

"Pada pagi ini kita melaksanakan apel Operasi Patuh Jaya 2021 untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainya sehingga Operasi Patuh Jaya dapat berjalan dan berhasil," ujar Fadil di Markas Polda Metro Jaya, Senin 20 September 2021.

Baca juga: Pelanggar Lalu Lintas dan Prokes Jadi Target Operasi Patuh Jaya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya