Kisah Anies Baswedan Melayat Jenderal TNI Sarwo Edhi Wibowo

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA / Vicky Fazri (Jakarta)

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melayat Ibu Sunarti Sri Hadiyah, istri almarhum Letnan jenderal TNI Sarwo Edhi Wibowo yang juga ibu mertua Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Senin malam. Sunarti meninggal pada Senin sore diusia 91 tahun.

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Saat datang ke rumah duka, Anies pun teringat perjuangan dia bersama teman kampusnya melayat  Letjen TNI Sarwo Edhi Wibowo di Purworejo tahun 1989. 

Anies menceritakan hal ini diunggahan akun Instagram pribadinya yang dikutip VIVA, Selasa 21 September 2021. Begini kisahnya:

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Takziyah Ibu Sunarti Sri Hadiyah, seorang wanita yang menjadi pendamping hidup dari seorang perwira legendaris: Letnan Jendral Sarwo Edhie Wibowo.

Sepulang takziyah, teringat kejadian November 1989. Waktu itu masih kuliah semester 1 di FE-UGM, mendengar bahwa Letjen Sarwo Edhie meninggal di Jakarta dan akan dimakamkan di Purworejo.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Langsung bersiap utk takziyah. Naik vespa ke kosan Iqbal di daerah Kadipiro, sisi barat kota Yogyakarta. Iqbal adalah teman kuliah, yang juga sekelas sejak SMA. Lalu kami naik bis dari tepi jalan wates Yogyakarta ke Purworejo untuk melayat.

Turun di Purworejo, kami tanya-tanya tentang lokasi pemakaman. Untung orang-orang di sana tahu dan bersiap menyambut kedatangan jenazah. Kami berjalan kaki sampai akhirnya tiba di lokasi pemakaman.

Upacara di pemakaman keluarga itu dipimpin Pangdam Diponegoro Mayjen Wismoyo Arismundar.

Hari itu, kami hadir khusus untuk menghantar ke pemakaman sebagai rasa hormat pada seseorang yang telah mengabdikan dirinya untuk republik di masa-masa genting di pertengahan dekade 1960an.

Malam ini, 32 tahun kemudian, istri Almarhum Sarwo Edhie Wibowo, yaitu Ibu Sunarti wafat dalam usia 91 tahun. Jenazah akan dibawa ke Purworejo, untuk dimakamkan di sana, di samping makam suaminya.

Kita doakan Almarhumah husnul khatimah, dilipatgandakan pahalanya dan dimuliakan di sisi Allah SWT.

Baca juga: Usai Dianiaya Irjen Napoleon, Muncul Foto M Kece Lagi Ibadah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya