Siaga Banjir Tahunan, Pompa Air Jakarta Siap Tempur

Pemeriksaan Pompa Air Ancol
Pemeriksaan Pompa Air Ancol
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempersiapkan berbagai upaya untuk mengantisipasi banjir di musim penghujan yang akan datang. Beberapa mesin pompa air mulai disiagakan di titik tawan banjir.

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim memastikan semua mesin pompa tetap (stasioner) maupun bergerak (mobile) siap dioperasikan pada November 2021 untuk mengurangi genangan saat musim hujan.

"Ada beberapa yang saat ini dalam perbaikan tapi November mendatang semuanya sudah baik kondisinya (siap dioperasikan)," ujar Ali dikutip Jumat, 24 September 2021.

Selain menyiagakan pompa air untuk menunjang antisipasi banjir, Wali Kota Jakarta Utara mulai intensif mengadakan "gerebek lumpur" dan sampah baik di tingkat kelurahan, kecamatan maupun tingkat kota.

Posko-posko banjir juga mulai disiagakan untuk memberikan informasi lengkap bagi masyarakat terkait dengan demografi wilayah, curah hujan, sarana dan prasarana hingga titik pengungsian.

"Kami terus berupaya memetakan sekaligus mencari solusi agar titik-titik genangan di Jakarta Utara berkurang dibandingkan tahun lalu," ujarnya.

Ali menjelaskan sejumlah titik genangan berulang seperti di Jalan Gaya Motor Raya, Tanjung Priok, sudah diatasi dengan memperlebar dan memperdalam saluran air. Selain itu,  mesin pompa tetap yang semula berkapasitas lima ratus liter per detik kini diganti menjadi seribu liter per detik.