Sanksi Berat Buat Bidan di Jakarta Barat yang Lecehkan Ibu Hamil

Ilustrasi hamil/ibu hamil.
Sumber :
  • Freepik/user18526052

VIVA – Viral di media Sosial terkait Ibu hamil yang mengalami pelecehan verbal oleh seorang bidan di salah satu Puskesmas di kawasan Jakarta Barat menjadi sorotan utama Dinas Kesehatan DKI Jakarta atas pelayanan kesehatan bagi warga Jakarta.

Wanita Hamil Tewas di Ruko Kelapa Gading Dipaksa Aborsi oleh Kekasih Gelapnya

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes DKI Jakarta Purwadi mengatakan dalam kasus ini Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta akan menyelidiki kasus viral tersebut.

"Tim kami sedang turun lapangan untuk telusur dan konfirmasi terhadap fakta lapangan yang terjadi," ujar Purwadi dikonfirmasi, Rabu 6 Oktober 2021.

Wanita Hamil yang Ditemukan Tewas di Ruko Kelapa Gading Punya Hubungan dengan Terduga Pelaku

Ilustrasi ibu hamil

Photo :
  • pixabay

Purwadi menegaskan pihak Dinas Kesehatan DKI Jakarta akan memberikan sanksi tegas terhadap bidan yang bersangkutan jika terbukti melakukan pelecehan secara verbal terhadap pasien.

Pembunuh Wanita Hamil Ditangkap, Kabur ke Lampung

"Pastinya kami dalam koridor pembinaan terhadap tenaga kesehatan tetap akan melakukan penegakan disiplin pegawai, termasuk kepada tenaga kesehatan dengan standar kompetensi yang ada, termasuk terkait dengan aspek etiknya” ujarnya.

Purwadi menegaskan jika bidan yang bersangkutan terbukti melakukan pelecehan verbal, sanksi akan diberikan tanpa memandang status kepegawaian tenaga kesehatan tersebut.

Purwadi mengatakan sanksi terberat terhadap terduga pelaku pelecehan verbal tersebut adalah pencabutan surat tanda registrasi (STR) sementara.

"Bagaimanapun itu dalam konteks ini sebagai tenaga kesehatan yang tentunya dalam pelayanan standar perilaku dan disiplinnya yang harus kita sama-sama kawal dan tegakkan," ujarnya.

Dalam kasus pelecehan Verbal ini, Purwadi mewakili Dinas Kesehatan DKI Jakarta sangat menyayangkan peristiwa pelecehan verbal yang dilakukan oleh oknum nakesnya.

Purwadi berjanji akan mengusut tuntas kasus ini guna memperbaiki nama baik kesehatan.

"Kami juga ikut prihatin dan sesungguhnya ini kan sudah di luar aspek kepatutan dalam konteks itu dalam fakta yang sebenarnya," ujarnya.

Diketahui viral di media sosial seorang ibu hamil diduga dilecehkan secara verbal oleh bidan di semua Puskesmas wilayah Jakarta Barat.

Bidan tersebut mengejek kondisi keputihan ibu hamil yang tengah kesakitan karena menjelang proses melahirkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya