Gardu PLN Kebon Jeruk Terbakar, Warga: Terdengar Dentuman Besar

Gardu PLN di Kebon Jeruk Jakbar terbakar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Andrew Tito

VIVA – Kebakaran melanda Gardu PLN Kebun Jeruk Jakarta Barat terbakar, Kamis, 7 Oktober 2021 pagi, sekitar pukul 07.30 WIB. Kebakaran tersebut sempat membuat mati listrik di beberapa wilayah yang ada di sekitar Kebon Jeruk.

RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi

Seorang warga sekitar, Busman (45) mengatakan saat terjadi kebakaran tersebut sempat terdengar dentuman yang cukup besar, dan beberapa detik kemudian listrik langsung mati.

“Satu kali kita dengar dentuman, besar suaranya, dan langsung mati lampu,” ujarnya ditemui di sekitar lokasi Gardu PLN Kebun Jeruk Jakarta Barat, Kamis, 7 Oktober 2021.

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

Busman mengatakan, mati lampu akibat gardu terbakar tersebut cukup lama hingga memakan waktu 2,5 jam. “Mati lampu lama itu ada dua jam lebih, baru hidup lagi listrik beberapa menit ini,” ujarnya.

Busman mengapresiasi kerja petugas Damkar dan PLN yang menangani dengan cepat kejadian kebakaran dan pemadaman listrik itu.

RS Polri Sebut Jasad Kebakaran Toko Frame Mampang Luka Bakar Sampai 100 Persen

“Penanganan kebakaran dan kembali hidup listriknya ini cukup cepat, setengah jam usai dentuman dan kepulan asap itu, Damkar datang, sempat takut juga nih bakal seharian kita mati lampu,” ujarnya.

Sejumlah 14 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian.

Dampak terbakarnya gardu itu, sejumlah wilayah mengalami mati lampu. Adapun wilayah yang terdampak antara lain Kebayoran Lama, Kemanggisan, Meruya, Kedoya Tanjung Duren, Kebon Jeruk, Daan Mogot dan sekitarnya.

Plt Kasi Operasi Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat, Sjukri Bahanan mengatakan pihaknya menerima laporan kebakaran Gardu PLN tesebut pada pukul 07:22 WIB.

"Tepatnya di Jalan Gili Sampeng RT001 RW004, Kebon Jeruk, Jakarta Barat," kata Sjukri dikonfirmasi, Kamis, 7 Oktober 2021.

Sjukri mengatakan, pihaknya mengerahkan 70 personel untuk memadamkan api. Api dipadamkan dengan cepat dan kini telah padam. Petugas hingga kini masih melakukan perbaikan gardu tersebut agar bisa menghidupkan listrik di sejumlah wilayah yang padam. "Api sudah berhasil dipadamkan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya