Bidan Diduga Lecehkan Ibu Hamil, Kepala Puskesmas Tambora Merespons

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Stocksnap

VIVA – Puskesmas Tambora Jakarta Barat, menyampaikan pihaknya sama sekali tak diskriminasi terhadap ibu hamil yang tengah persiapan persalinan tanpa kehadiran sang suami. Hal ini karena viralnya dugaan oknum bidan yang melakukan pelecehan terhadap ibu hamil.

Gara-gara Wanita, Bripda DR Aniaya Tenaga Kesehatan Hingga Hidungnya Patah

Kepala Puskesmas Tambora, Kristiani menjelaskan tenaga medis bidan sudah melayani pasien. Menurut dia, setiap bidan diinstruksikan memberikan pelayanan dengan memprioritaskan keselamatan pasien.

"Kami tidak mendiskriminasi siapapun yang hendak melakukan persalinan," kata Kristiani saat dikonfirmasi, Jumat, 8 Oktober 2021.

Sidak Layanan Kesehatan Usai Libur Lebaran, Pj Wali Kota Tangerang Minta Jam Operasional Ditambah

Kristiani mengatakan, ibu hamil tanpa suami yang mendatangi Puskesmas Tambora untuk melahirkan bukan yang pertama kali. Ia bilang banyak kejadian yang sama tapi selalu dilayani dengan baik.

"Kasus seperti  ini bukan pertama kali terjadi, sebelumnya sudah banyak seperti ini dalam artian ibu hamil yang mau persalinan tidak membawa suaminya, dan semuanya baik-baik saja," ujarnya.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Tenaga medis sedang memeriksa kondisi kesehatan bayi beberapa waktu lalu.

Photo :

Dia menegaskan, pendampingan terhadap ibu hamil yang ingin mengurus persalinan, tidak harus dengan suami. Boleh saja dengan siapapun, terpenting ada pihak yang bertanggungjawab dalam pengurusan administrasi.

"Jadi, harus merujuk, harus ada pendamping yang bertanggung jawab untuk administrasi," katanya.

Sebelumnya, viral di media sosial dugaan pelecehan secara verbal yang dilakukan oknum bidan dari Puskemas Tambora Jakarta Barat terhadap seorang pasien ibu hamil yang akan melakukan persalinan.

Informasi viral itu diunggah salah satu akun Instagram dengan nama pengguna @lets.talkandenjoy pada Selasa 5 Oktober 2021, Sebelumnya video itu diunggah oleh salah satu akun di TikTok.

Viral dugaan pelecehan oknum bidan di salah satu puskesmas di Jakarta Barat. Bidan itu disebut mengejek kondisi keputihan ibu hamil 9 bulan yang tengah kesakitan karena menjelang proses melahirkan.

"Dan membuat saya sangat marah adalah ketika saat mereka mengecek pembukaan bumil. Lalu dia mengatakan 'keputihannya banyak banget', lalu bidan tersebut ada yang menjawab, 'Ih, JORSE'," demikian potongan pengakuan @stevfanywijaya di akun media sosial  di TikTok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya