Tahu Mau Digerebek, Karyawan Kantor Pinjol di Kelapa Gading WFH

Polisi gerebek kantor pinjol di Kelapa Gading
Polisi gerebek kantor pinjol di Kelapa Gading
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

VIVA - Kantor pinjaman online (pinjol) ilegal bernama PT ANT Information Consulting di kawasan Komplek Ruko Bukit Gading Indah, Kelapa Gading, Jakarta Utara, diduga kuat sudah tahu mau digerebek polisi. Dugaan ini muncul lantaran saat digerebek sudah tidak ada karyawan di sana.

Pengungkapan Jaringan Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal
Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pengungkapan Jaringan Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal

Banyak karyawan bekerja dari rumah alias Work From Home (WFH) mulai, Senin 18 Oktober 2021. Hal itu dikatakan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Auliansyah Lubis.

"Saya bertanya ke supervisor kapan mereka melangsungkan WFH, katanya hari ini. Jadi, menurut saya karena kemarin kami melakukan penggerebekan di beberapa tempat makanya mereka memutuskan untuk WFH," kata dia kepada wartawan.

Kantor Disamarkan

Dalam penggerebekan ini, Aulia mengaku pihaknya juga mendapati adanya percakapan antar karyawan yang menyuruh untuk menyamarkan perusahaan pinjol. Kantor mereka disamarkan jadi perusahaan ekspedisi guna tidak terendus polisi. Aulia menambahkan, pihaknya masih memburu pemilik perusahaan yang menaungi empat aplikasi pinjol ilegal ini.

"Tadi juga kami sempat melihat ada WhatsApp dari salah satu rekannya mengatakan bahwa tidak apa-apa nanti akan kita koordinasi sampaikan saja bahwa kami ini adalah perusahaan ekspedisi seperti itu. Mereka-mereka (karyawan) kalau mereka tidak kooperatif tidak datang ya berarti kami akan ambil (tangkap) khususnya mereka yang menjadi kolektor atau bagian penagihan mungkin," katanya lagi.